IMPLEMENTASI NILAI-NILAI RELIGIUS PERSPEKTIF KITAB AYYUHAL WALAD DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KOMPLEK K1 KRAPYAK YOGYAKARTA

INDAKA FAHMI KAHFI, NIM. 16410001 (2020) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI RELIGIUS PERSPEKTIF KITAB AYYUHAL WALAD DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KOMPLEK K1 KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI NILAI-NILAI RELIGIUS PERSPEKTIF KITAB AYYUHAL WALAD DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KOMPLEK K1 KRAPYAK YOGYAKARTA)
16410001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI NILAI-NILAI RELIGIUS PERSPEKTIF KITAB AYYUHAL WALAD DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KOMPLEK K1 KRAPYAK YOGYAKARTA)
16410001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Peran pondok pesantren dipandang penting dalam membangun karakter santri, khususnya karakter religius. Karena selain menggunakan sistem asrama yang memudahkan dalam menanamkan nilai religius ke dalam diri seorang santri, tetapi juga mengkaji berbagai kitab yang membahas tentang karakter salah satunya kitab Ayyuhal Walad karya Imam al-Ghazali. Berangkat dari hal tersebut, pokok permasalahan dari penelitian ini adalah apa saja nilai religius yang relevan dengan karakter santri di Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek K1 Krapyak Yogyakarta dan bagaimana implementasi nilai-nilai religius tersebut. Sehingga, tujuan pokok penelitian ini adalah; 1) mengetahui nilai religius perspektif kitab Ayyuhal Walad yang relevan, 2) mengetahui implementasi nilai-nilai religius tersebut di Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek K1 Krapyak Yogyakarta, 3) serta mengidentifikasi hasil dari implementasi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kolaborasi antara penelitian literatur dan kualitatif dengan subjek penelitiannya adalah para santri, pengasuh pondok, ustadz, dan santri pengurus di Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek K1 Krapyak Yogyakarta. Peneliti menggunakan teori dari Zayadi tentang sumber nilai yang berlaku di kehidupan sebagai landasan pembahasannya. Lalu, pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sementara itu, dalam menganalisis data, peneliti menggunakan metode analisis isi Harold D. Lasswell dan teknik analisis Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Nilai-nilai religius perspektif kitab Ayyuhal Walad di Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek K1 Krapyak Yogyakarta adalah; iman, islam, taqwa, ikhlas, tawakal, al-musawah, tawaḍu’, dan al-insyirah. 2) Implementasi nilai-nilai religius di pondok tersebut meliputi; perencanaan (diskusi kegiatan oleh pengasuh dan jajaran pengurus sebagai upaya mempersiapkan santri agar memiliki karakter religius dan persiapan pembelajaran oleh ustadz), pelaksanaan (internalisasi nilai-nilai religius melalui kegiatan yang sarat akan nilai-nilai tersebut, termasuk kegiatan pembelajaran kitab Ayyuhal Walad yang meliputi pembukaan, isi, penutup), dan evaluasi kegiatan serta tindak lanjutnya. 3) hasil dari implementasi nilai religius tersebut antara lain; adanya pengamalan dan pembiasaan nilai-nilai religius dalam keseharian santri, tumbuhnya motivasi dalam beribadah, dan dapat mengatur waktu dengan lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Mujahid, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kitab Ayyuhal Walad, Nilai Religius, Implementasi
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 31 Oct 2021 08:30
Last Modified: 31 Oct 2021 08:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46121

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum