STRATEGI INTERAKSI SOSIAL MINORITAS KATHOLIK DENGAN MAYORITAS MUSLIM (Studi Minoritas Katholik di Dusun Wadasgumantung Desa Kutamendala Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes)

FATRIAN FAHMI ADNAN, NIM. 17105020018 (2021) STRATEGI INTERAKSI SOSIAL MINORITAS KATHOLIK DENGAN MAYORITAS MUSLIM (Studi Minoritas Katholik di Dusun Wadasgumantung Desa Kutamendala Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI INTERAKSI SOSIAL MINORITAS KATHOLIK DENGAN MAYORITAS MUSLIM (Studi Minoritas Katholik di Dusun Wadasgumantung Desa Kutamendala Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes))
17105020018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI INTERAKSI SOSIAL MINORITAS KATHOLIK DENGAN MAYORITAS MUSLIM (Studi Minoritas Katholik di Dusun Wadasgumantung Desa Kutamendala Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes))
17105020018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan adanya fenomena kelompok beda agama dan pola interaksi sosial minoritas Katholik dengan mayoritas muslim serta mengetahui faktor apa saja yang menjadi nilai hubungan yang erat dan harmonis dalam interaksi sosial masyarakat Katholik dan muslim di Dusun Wadasgumantung. Di latar belakangi oleh permasalahan status minoritas dengan mayoritas di wilayah masyarakat desa, dari situlah muncul permasalahan akan bagaimana status sosial mereka ini dapat berjalan dan bisa memperlihatkan nilai kerukunan sosial bagi masyarakat awam. Karena itulah penulis tertarik untuk menjawab permasalahan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan sosiologi. Data yang diperoleh adalah data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara secara mendalam, dokumentasi serta teknik analisis datanya menggunakan metode deskripitif (koleksi data, klarifikasi data, reduksi data hingga verifikasi data). Penelitian ini menggunakan teori interaksionisme simbolik dari tokoh Herbert Blumer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi interaksi sosial minoritas Katholik dengan mayoritas muslim di dusun Wadasgumantung desa Kutamendala lebih banyak menjunjung nilai kerukunan dan keharmonisan, interaksi sosial yang dibentuk adalah interaksi sosial pola asosiatif yaitu mengarah pada kerja sama, akomodasi dan asimilasi yang terjadi dalam hubungan interaksi kehidupan sehari-hari. Penelitian ini kemudian direlevansikan juga dengan teori interaksionisme simbolik Herbert Blumer. Menurut Blumer bahwa dalam proses interaksi dengan masyarakat diperlukan adanya prinsip-prinsip yang akan mendukung proses interaksi berlangsung. Prinsip-prinsip ini meliputi bahasa (language), pemikiran (thought) dan pemaknaan (meaning). Hasil dari penelitian menunjukan bahwa; pertama makna (meaning) makna yang timbul dari hubungan umat Katholik dengan masyarakat muslim adalah saling memahami tentang apa yang menjadi batasan sebagai umat beragama, kedua bahasa (language) yang digunakan oleh umat Katholik dalam berinteraksi dengan masyarakat muslim adalah bahasa verbal atau non-verbal, digunakan mereka dengan lawan bicara mereka ketika berinteraksi sehari-hari; ketiga pemikiran (thought) umat Katholik sebagai kaum minoritas dituangkan dalam bentuk tindakan secara nyata serta kata-kata. Mereka berusaha untuk menyeimbangkan dalam hal batasan sosial mereka serta memahami apa yang dipikirkan oleh umat Islam di dusun Wadasgumantung. Temuan dalam penelitian ini adalah bahwasanya sikap bertahan hidup umat Katholik sebagai kaum minoritas di Dusun Wadasgumantung desa Kutamendala adalah upaya mereka dalam mengikuti ajaran dari para pendahulu mereka yakni dengan prinsip menjadi kecil tetapi memiliki manfaat besar layaknya sebuah Lilin yang dapat menerangi secara nyata, seperti mereka yang hidup bersosial dengan masyarakat mayoritas muslim di Desa Kutamendala

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Khairullah Zikri
Uncontrolled Keywords: Interaksi sosial, Minoritas Katholik, Masyarakat desa.
Subjects: Studi Agama Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 08 Nov 2021 13:11
Last Modified: 08 Nov 2021 13:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46447

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum