Khairunnawa Rizka Br Ginting, NIM.: 17102020031 (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN MELALUI SISTEM DARING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 6 YOGYAKARTA DITENGAH PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGARUH PEMBELAJARAN MELALUI SISTEM DARING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 6 YOGYAKARTA DITENGAH PANDEMI COVID-19)
17102020031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (20MB) | Preview |
|
Text (PENGARUH PEMBELAJARAN MELALUI SISTEM DARING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 6 YOGYAKARTA DITENGAH PANDEMI COVID-19)
17102020031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (15MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran melalui sistem daring terhadap kemandirian belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta, pengaruh motivasi belajar terhadap kemandirian belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta dan pengaruh pembelajaran melalui sistem daring dan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitiatif. Populasi dalam penelitian ini ialah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta yang saat ini sedang mengikuti proses pembelajaran melalui sistem daring. Metode analisis yang digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dalam penelitian mengunakan uji Kolmogrov-Smirnov. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran melalui sistem daring tidak berpengaruh dan tidak signifikan secara parsial terhadap kemandirian belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0.729 > 0.05, 2) Motivasi belajar memberikan pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kemandirian belajar dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05, 3) Pembelajaran melalui sistem daring dan motivasi belajar memberikan pengaruh positif dan signifkan secara simultan terhadap kemandirian belajar dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05. Koefisien determinasi (nilai R Square) sebesar 0.477 juga menunjukkan bahwa variasi pembelajaran melalui sistem daring dan motivasi belajar menentukan variasi kemandirian belajar sebesar 47.7%. Hal ini berarti bahwa semakin meningkat pembelajaran melalui sistem daring dan motivasi belajar maka semakin meningkatkan kemandirian belajar begitu juga sebaliknya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Citra Widyastuti, M.Psi |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Melalui Sistem Daring, Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar, Siswa SMP, Pandemi Covid-19. |
Subjects: | Covid-19 Pendidikan > Metode Pembelajaran Psikologi > Motivasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1) |
Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
Date Deposited: | 11 Nov 2021 12:04 |
Last Modified: | 11 Nov 2021 12:04 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46594 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |