TINDAKAN SOSIAL YAYASAN SPINA FOUNDATION YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN SINGLE PARENT DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Binti Hanifah, NIM.: 14250044 (2021) TINDAKAN SOSIAL YAYASAN SPINA FOUNDATION YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN SINGLE PARENT DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINDAKAN SOSIAL YAYASAN SPINA FOUNDATION YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN SINGLE PARENT DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
14250044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (TINDAKAN SOSIAL YAYASAN SPINA FOUNDATION YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN SINGLE PARENT DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
14250044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perceraian ataupun kematian yang menyebabkan seseorang menjadi single parent dapat terjadi kepada siapa saja dan keluarga mana saja. Single parent ialah keluarga yang mana hanya ada satu orang tua tunggal, hanya ayah atau ibu saja yang kemudian menjadikan single parent memiliki peran ganda. Dalam menjalankan perannya sebagai single parent pastilah bertemu dengan hambatanhambatan yang menjadikannya tidak sejahtera. Dalam hal ini peneliti menjadikan SPINA Foundation sebagai bahan penelitian dikarenakan SPINA merupakan yayasan non-profit yang memiliki tujuan untuk mensejahterakan single parent di provinsi DI Yogyakarta. SPINA merupakan hasil rintisan pribadi oleh bapak Yasin bin Malenggang yang telah berdiri sejak tahun 2015 dan kini memiliki anggota single parent kurang lebih lima puluh orang di DI Yogyakarta. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dalam meneliti tindakan Yayasan SPINA Foundation dalam Meningkatkan Kesejahteraan Single Parent di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Yayasan SPINA Foundation merupakan objek yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian kali ini. Sedangkan untuk subjek penelitian, peneliti mengambil enam informan yakni satu penggagas yayasan, satu ketua yayasan, dan empat anggota (single parent) yayasan. Kemudian untuk metode pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan reduksi data, display/ penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triagulagi, yaitu partisipasi pasif, wawancara terstruktur, serta dokumentasi sebagai sumber data yang sama seara serempak. Hasil dari penelitian peneliti menemukan bahwa SPINA telah meningkatkan kesejahteraan single parent melalui tiga tindakan sosial yaitu; tindakan rasional instrmental (zwerk rational), tindakan rasional nilai (werk rational), dan tindakan afektif (afetual ation). Pelayanan yang diberikan oleh SPINA berupa pelayanan beasiswa anak single parent, pelayanan grup whatsapp sesuai dengan kebutuhan single parent, pelatihan pengemasan produk, seminar edukasi, pelayanan konseling, dan bakti sosial. Hasil dari pelayanan yang diberikan oleh SPINA kepada single parent berupa meningkatnya kesejahteraan single parent diantaranya meningkatnya meningkatnya standar pendidikan anak single parent, terpenuhinya kebutuhan dasar, serta meningkatnya profit dagang produk milik single parent.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Asep Jahidin, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Single Parent, Kesejahteraan Sosial, Tindakan Sosial
Subjects: Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Heru Pasuko Rini
Date Deposited: 25 Nov 2021 09:49
Last Modified: 25 Nov 2021 09:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46779

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum