STRATEGI PEMENUHAN KEBUTUHAN HIDUP BURUH TANI PEMBIBITAN TANAMAN HORTIKULTURA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KECAMATAN KALIANGKRIK KABUPATEN MAGELANG JAWA TENGAH

Mat Korib, NIM.: 15250088 (2021) STRATEGI PEMENUHAN KEBUTUHAN HIDUP BURUH TANI PEMBIBITAN TANAMAN HORTIKULTURA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KECAMATAN KALIANGKRIK KABUPATEN MAGELANG JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMENUHAN KEBUTUHAN HIDUP BURUH TANI PEMBIBITAN TANAMAN HORTIKULTURA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KECAMATAN KALIANGKRIK KABUPATEN MAGELANG JAWA TENGAH)
15250088_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMENUHAN KEBUTUHAN HIDUP BURUH TANI PEMBIBITAN TANAMAN HORTIKULTURA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KECAMATAN KALIANGKRIK KABUPATEN MAGELANG JAWA TENGAH)
15250088_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Semua masyarakat berhak memperoleh kesejahteraan sosial, termasuk buruh tani. Buruh tani berhak mendapat upah yang layak sesuai dengan undang-undang yang berlaku agar dapat memenuhi kebutuhan meraka secara layak. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui strategi yang dilakukan oleh buruh tani pembibitan tanaman hortikultura di Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah dalam memenuhi kebutuhan dan (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat buruh tani tanaman hortikultura dalam memenuhi kebutuhan. Penelitan ini menggunakan jenis penelitan deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini untuk mendapatkan data yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi yang dilakukan oleh buruh tani pembibitan tanaman hortikultura di Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah dalam memenuhi kebutuhan yaitu, mengurangi pola makan, membeli barang-barang murah, meminimalisir membeli pakaian dalam setahun, mengurangi pengeluaran untuk kesehatan, dan mengurangi pengeluaran untuk biaya pendidikan, (2) faktor pendukung dalam peningkatan kesejahteraan yaitu menabung, etos kerja masyarakat, dorongan ekonomi, dan bantuan pemerintah, sedangkan faktor penghambat yaitu cuaca, ketergantungan terhadap bahan dan permintaan pasar, dan bujuk rayu lembaga keuangan untuk meminjam uang, dan (3) peningkatan kesejahteraan buruh tani pembibitan tanaman hortikultura berupa peningkatan terhadap aspek perumahan, aspek pendidikan, aspek ketenagakerjaan, dan aspek perekonomian. Pemenuhan kebutuhan buruh tani dalam memenuhi kebutuhan seharihari perlu adanya strategi pengelolaan yang baik. Strategi pengelolaan tersebut dilakukan dengan upaya dapat meningkatkan kesejahteraan buruh tani dengan mengacu pada faktor pendukung dan mengantisipasi faktor penghambat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Zainudin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Buruh Tani, Peningkatan Kesejahteraan Sosial, Strategi Pemenuhan Kebutuhan, Tanaman Hortikultura
Subjects: Kesejahteraan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Heru Pasuko Rini
Date Deposited: 25 Nov 2021 10:01
Last Modified: 25 Nov 2021 10:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46985

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum