PENANAMAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH WONOKROMO YOGYAKARTA

Heri Wijaya, NIM.: 14410136 (2021) PENANAMAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH WONOKROMO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH WONOKROMO YOGYAKARTA)
14410136_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH WONOKROMO YOGYAKARTA)
14410136_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan nasional meletakkan salah satu prinsipnya: “bahwa pendidikan diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan serta tidak diskriminatif dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural, dan kemajemukan bangsa. Kebudayaan bangsa Indonesia yang beragam dan unik tersebut, di satu sisi, berpotensi menjadi kekayaan budaya nasional dan kekuatan yang menyatukan bangsa. Sebaliknya keberagaman budaya tersebuat berpotensi pula menimbulkan berbagai problematika atau persoalan apabila tidak dikelola dengan baik. Pendidikan sudah selayaknya berperan dalam menyelesaikan konflik yang sudah terjadi di tengah-tengah masyarakat majemuk. Pesantren sebagai lembaga pendidikan pertama di tanah air, diharapkan agar semakin meningkatkan lagi perannya dalam pembangunan budaya damai yang selama ini telah menjadi sisi dakwahnya, yang menunjukan Islam sebagai rahmatan lil`alamin. Penelitian ini bertujuan mengetahui nilai-nilai multikultural yang ditanamkan dan menjelaskan penanaman nilai-nilai multikultural di Pondok Pesantren Fadlun Minalloh Wonokromo. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Apa saja nilai-nilai multikultural yang ditanamkan di Pondok Pesantren Fadlun Minalloh Wonokromo. 2) Bagaimana penanaman nilai-nilai multikultural di Pondok Pesantren Fadlun Minalloh Wonokromo. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan subjek penelitian ini adalah pengasuh, pemimpin, dewan asatidz, dewan pengurus, dan sebagian santri-santri Pondok Pesantren Fadlun Minalloh, sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural telah berjalan dengan baik dengan seperti; kebersamaan, kesetaraan, kegiatan harian yang terjadwal, tata tertib pondok pesantren. Penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural ditanamkan dengan belajar hidup berdampingan dengan masyarakat, pembiasaan kepada santri-santrinya untuk selalu melaksanakan kegiatan yang bermanfaat, tanggung jawab dan disiplin, serta asatidz memberikan teladan yang baik bagi santri-santrinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Radino, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Penanaman; Nilai-Nilai Multikultural; Pondok Pesantren
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Islam (Pesantren)
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 07 Dec 2021 13:49
Last Modified: 07 Dec 2021 13:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47047

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum