COPING STRATEGY PADA PEREMPUAN KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (Studi Kasus pada Dua Perempuan yang Terikat Perkawinan di Petanahan, Kebumen, Jawa Tengah)

Khikmah Nur Fajriyah, NIM.: 16220092 (2021) COPING STRATEGY PADA PEREMPUAN KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (Studi Kasus pada Dua Perempuan yang Terikat Perkawinan di Petanahan, Kebumen, Jawa Tengah). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (COPING STRATEGY PADA PEREMPUAN KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (Studi Kasus pada Dua Perempuan yang Terikat Perkawinan di Petanahan, Kebumen, Jawa Tengah))
16220092_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (COPING STRATEGY PADA PEREMPUAN KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (Studi Kasus pada Dua Perempuan yang Terikat Perkawinan di Petanahan, Kebumen, Jawa Tengah))
16220092_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya fenomena kekerasan dalam rumah tangga dan berujung pada perceraian. Di tengah tingginya kasus perceraian karena KDRT yang terjadi di Indonesia, peneliti menemukan bahwa ada beberapa perempuan yang memilih untuk bertahan di tengah penderitaan yang diakibatkan oleh kekerasan yang dilakukan oleh pasangan intimnya (suami). Hal menarik inilah yang menjadi pertimbangan serta turning point bagi penulis untuk mengkaji dan menggali lebih dalam tentang bentuk-bentuk coping strategy yang diterapkan oleh perempuan korban KDRT. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan coping strategy pada perempuan korban kekerasan dalam rumah tangga. Fokus pada penelitian ini adalah bentuk-bentuk coping strategy. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitiannya yaitu studi kasus. Analisis data dilakukan dengan analisis interaktif model Miles dan Michael Huberman menggunakan teknik pengumpulan data berupa catatan hasil wawancara, dokumentasi, dan observasi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa bentuk coping strategi yang paling dominan digunakan oleh perempuan korban kekerasan dalam rumah tangga. Yang pertama problem focused coping dengan bentuk-bentuk perilaku confrontative coping, planful problem solving, dan seeking social support. Kemudian emotion focused coping dengan bentuk-bentuk coping antara lain positive reappraisal, self-controlling, distancing, accepting responsibility, dan escape avoidance

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nailul Falah, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Permasalahan Keluarga, Pernikahan, Kekerasan Dalam Rumah Tangga
Subjects: Masalah Sosial
Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Heru Pasuko Rini
Date Deposited: 25 Nov 2021 10:12
Last Modified: 25 Nov 2021 10:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47076

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum