MANAJEMEN OPERASIONAL WISMA ARYA 2 SYARI’AH YOGYAKARTA

Eko Hendrawan, NIM.: 16240031 (2021) MANAJEMEN OPERASIONAL WISMA ARYA 2 SYARI’AH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN OPERASIONAL WISMA ARYA 2 SYARI’AH YOGYAKARTA)
16240031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN OPERASIONAL WISMA ARYA 2 SYARI’AH YOGYAKARTA)
16240031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya penerapan manajemen operasional pada organisasi atau lembaga untuk mengetahui alur dari input dan output dalam mencapai tujuan yang telah direncanakan. Pada objek penelitian ini yaitu Wisma Arya 2 Syari’ah Yogyakarta berdiri sejak Tahun 2015 yang telah memiliki empat cabang di Yogyakarta. Pemilik wisama Arya Syari’ah turun tangan langsung dalam mengelola manajemen operasional di keempat Wisma tersebut. Oleh karena itu, penyusun ingin mengetahui manajemen operasional Wisma Arya 2 Syari’ah Yogyakarta. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori menurut Jay Heizer tentang keputusan strategis dari manajemen operasi yaitu perencanaan produk dan jasa, pengelolaan kualitas, strategi proses atau transformasi, strategi lokasi, strategi tata letak, rancangan kerja sumber daya manusia, manajemen rantai pasokan, persediaan, penjadwalan, dan perawatan. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan analisis deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu dengan wawancara bebas terpimpin, observasi partisipan, serta dokumentasi untuk mendapatkan informasi yang mendukung analisis dan intepretasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Wisma Arya 2 Syari’ah Yogyakarta menggunakan 10 keputusan strategis dari manajemen operasi Jay Heizer barry rander. Dalam melakukan manajemen operasional Wisma Arya 2 Syari’ah Yogyakarta, yaitu pertama, perencanaan produk dan jasa yang mengedepankan nilai-nilai budaya timur yaitu sopan santun. Kedua, pengelolaan kualitas yang sudah memenuhi standar dari reddoorz. Ketiga, strategi proses dan transformasi yang sudah mengikuti alur mulai dari awal kedatangan sampai dengan kepulangan. Keempat, strategi lokasi. Lokasi yang dipilih untuk bisnis Wisma Arya 2 Syari’ah Yogyakarta termasuk dalam lokasi strategis. Kelima, strategi tata letak. Wisma Arya 2 Syari’ah Yogyakarta telah menentukan tata letak agar proses operasionalnya menjadi lebih nyaman. Keenam, rancangan kerja SDM. Wisma Arya 2 Syari’ah melakukan pelatihan kepada pegawainya. Selain itu, Wisma Arya 2 Syari’ah juga memberdayakan warga disekitarnya. Ketujuh, manajemen rantai pasokan. Dalam memasok kebutuhan, Wisma Arya 2 Syari’ah bekerjasama dengan Reddoorz. Kedelapan, persediaan. Persediaan barang baku Wisma Arya 2 Syari’ah selalu dipantau agar tidak terjadi keterlambatan. Kesembilan, penjadwalan. Wisma Arya 2 Syari’ah Yogyakarta beroperasi selama 24 jam, dengan pembagian shift kepada masing-masing pegawainya. Kesepuluh, perawatan. Maintenance perawatan Wisma Arya 2 Syari’ah selalu dilakukan ketika ada yang rusak dan berkala.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Maryono, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Operasional, Pengelolaan Wisma, Proses dan Transformasi
Subjects: Manajemen > Manajemen Perusahaan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Heru Pasuko Rini
Date Deposited: 25 Nov 2021 10:15
Last Modified: 25 Nov 2021 10:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47090

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum