CORONA VIRUS DISEASE-19 PERSPEKTIF TAFSIR MAQASIDI (TELAAH AYAT-AYAT MUSIBAH DALAM AL-QUR’AN)

Iftahul Digarizki, NIM.: 19200010113 (2021) CORONA VIRUS DISEASE-19 PERSPEKTIF TAFSIR MAQASIDI (TELAAH AYAT-AYAT MUSIBAH DALAM AL-QUR’AN). Masters thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (CORONA VIRUS DISEASE-19 PERSPEKTIF TAFSIR MAQASIDI (TELAAH AYAT-AYAT MUSIBAH DALAM AL-QUR’AN))
19200010113_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (CORONA VIRUS DISEASE-19 PERSPEKTIF TAFSIR MAQASIDI (TELAAH AYAT-AYAT MUSIBAH DALAM AL-QUR’AN))
19200010113_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kontestasi pemahaman al-Qur’an di era pandemi Covid-19 meupakan konsekuensi logis dari pluralitas kemanusiaan itu sendiri. Covid-19 sebagai sebuah musibah di respon secara masif oleh berbagai kalangan. Semua mengambil hikmah dari perspektifnya masing-masing sehingga melahirkan pemahaman dan bentuk pencegahan yang berbeda pula. Dalam nuansa yang sangat beragam tersebut tafsir maqa>s}idi ikut andil dengan menawarkan keseimbangan, dalam artian menjadikan teks (nas} al-Qur’an dan Hadis Shahih) sebagai basis dan landasan (statis) di satu sisi namun juga tidak melupakan/mengabaikan konteks (dinamis). Berangkat dari problem akademik tersebut, penulis menulis tesis ini yang dalam hal ini menjawab tiga problem akademimk. Pertama, Bagaimana konteks tafsir ayat-ayat musibah dalam al-Qur’an. Kedua, bagaimana korelasi pendekatan tafsir maqa>s}hidi dan ayat-ayat musibah dalam al-Qur’an. Ketiga, bagaimana implikasi dari pendekatan tafsir maqa>s}idi terhadap pandemi Covid-19. Metode yang digunakan penulis dalam menganalisis ayat-ayat musibah adalah metode historis-filosofis kemudian disertai dengan metode tafsir maqa>s}hidi Abdul Mustaqim. Alurnya ialah penulis mengambil beberapa ayat-ayat tentang musibah dalam al-Qur’an kemudian melihat konteks historis dan genealogis dari ayat tersebut sembari sedikit memaparkan ayat-ayat yang diambil secara kebahasaan serta meninjau Fudamental Values of Qur’anic Maqa>s}hid yang terdapat di dalam ayat-ayat tersebut. Secara argumen, penulis mencermati bahwa pendekatan tafsir maqa>s}idi tidak serta merta hanya mengkaji ayat-ayat hukum semata namun juga ayat-ayat dalam konteks sosial lainnya, dengan tujuan menjunjung tinggi dan mengaplikasikan kemaslahatan baik dalam ranah vertikal-spritual maupun ranah horizontal-sosial. Hasil dari tesis ini ialah, implementasi pendekatan tafsir maqa>s}idi terhadap ayat-ayat musibah dalam al-Qur’an yang menjadi bagian dari pandemi Corona Virus Disease-19 dalam rangka menemukan fundamental values of Qur’anic maqa>s}id yang tidak hanya berimplikasi pada satu pemahaman maqa>s}hid syari’ah semata. Dalam hal ini implikasi tersebut antara lain. Pertama, Maqa>s}id Z}ahir (Eksplisit) terdiri dari hifz} al-Din (Islam Rahmatan lil ‘Alamin dan Covid-19 sebagai Musibah), hifz} al-Nafs (Mentaati Protokol Kesehatan), hifz} al-‘Aql (Memperluas Literasi dan Mempersempit Ego. Kedua, Maqa>s}id Bat}in (Implisit/ Fandamental Values of Qur’anic Maqa>s}hid ) terdiri dari nilai al-‘adalah wa al-Musawah (menolak ego sektoral dan Mengutamakan Kemaslahatan Umat), nilai al-Insaniyyah (Beragaman secara Humanis Religius), nilai al-Wasat}iyah (Membangun Ukhwah Insaniyah), nilai al-H}urriyyah ma’a al-Mas’ulliyyah (Spirit Interdisciplinary Keilmuwan). Pada akhir dari tesis in i, penulis sedikit merefleksikan pandangan dari Umat Islam dari beberapa entitas terhadap pandemi global Corona Virus Disease-19.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. H. Abdul Mustaqim, S. Ag., M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Konteks Ayat-Ayat Musibah Dalam Al-Qur’an, Korelasi Tafsir Maqas}Id Terhadap Ayat-Ayat Musibah, Fundamental Values Of Qur’anic Maqas}Hid
Subjects: Covid-19
Tafsir Al-Qur'an > Tafsir Al Qur'an - Metode
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 24 Nov 2021 11:34
Last Modified: 24 Nov 2021 11:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47126

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum