OPTIMASI RUTE DISTRIBUSI SARI ROTI MENGGUNAKAN METODE SAVING MATRIX DAN NEAREST NEIGHBOR (Studi Kasus: CV. Twin Setia)

Suci Murniati, NIM. 17106060016 (2021) OPTIMASI RUTE DISTRIBUSI SARI ROTI MENGGUNAKAN METODE SAVING MATRIX DAN NEAREST NEIGHBOR (Studi Kasus: CV. Twin Setia). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (OPTIMASI RUTE DISTRIBUSI SARI ROTI MENGGUNAKAN METODE SAVING MATRIX DAN NEAREST NEIGHBOR (Studi Kasus: CV. Twin Setia))
17106060016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (OPTIMASI RUTE DISTRIBUSI SARI ROTI MENGGUNAKAN METODE SAVING MATRIX DAN NEAREST NEIGHBOR (Studi Kasus: CV. Twin Setia))
17106060016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

CV. Twin Setia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pendistribusian roti dengan merek dagang sari roti, dimana roti tersebut didatangkan langsung dari tempat produksi yaitu PT. Nippon Indosari Corpindo yang berlokasi di Semarang. Pendistribusian produk sari roti yang dilakukan oleh sales dalam menentukan rute pendistribusian hanya mengandalkan intuisi/keputusan subyektifnya saja, karena dari perusahaan sendiri belum memiliki rute distribusi yang ditetapkan. Kegiatan penentuan rute yang hanya mengandalkan intuisi, tentu saja tidak menjamin bahwa kegiatan distribusi berjalan dengan lancar sedangkan penyebaran pendistribusian yang dilakukan tidak dalam satu wilayah yang berdekatan. Maka untuk mengatasi permasalahan yang terdapat pada CV. Twin Setia, dilakukan penelitian tentang VRP ( Vehicle Routing Problem), dimana penelitian ini digunakan pendekatan CVRP yaitu penentuan rute berdasarkan kapasitas kendaraan dengan penyelesaian permasalahannya menggunakan metode heuristik. Metode yang digunakan adalah metode saving matrix dan metode nearest neighbor yang digunakan untuk menentukan rute pendistribusian dan meminimalkan jarak tempuh kendaraan. Berdasarkan hasil pengolahan dengan kedua metode diperoleh 3 rute pendistribusian dengan total jarak untuk metode saving matrix sebesar 294,4 Km dan metode nearest neighbor dengan total jarak sebesar 154,6 Km. Metode yang diusulkan untuk perusahaan yaitu metode nearest neighbor dengan penghematan jarak sebesar 54% dari rute awal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Cahyono Sigit Pramudyo, S.T., M.T
Uncontrolled Keywords: CVRP, Saving Matrix, Nearest Neighbor
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 24 Nov 2021 11:04
Last Modified: 24 Nov 2021 11:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47135

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum