DAMPAK TAYANGAN DUNIA LAIN DI TRANS TV BAGI KEIMANAN MASYARAKAT GEDONGAN KOTA GEDE YOGYAKARTA (ANALISIS DAMPAK TAYANGAN TERHADAP KEIMANAN)

Tugiono Sahputro, NIM. 01210408 (2005) DAMPAK TAYANGAN DUNIA LAIN DI TRANS TV BAGI KEIMANAN MASYARAKAT GEDONGAN KOTA GEDE YOGYAKARTA (ANALISIS DAMPAK TAYANGAN TERHADAP KEIMANAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK TAYANGAN DUNIA LAIN DI TRANS TV BAGI KEIMANAN MASYARAKAT GEDONGAN KOTA GEDE YOGYAKARTA (ANALISIS DAMPAK TAYANGAN TERHADAP KEIMANAN))
01210408_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK TAYANGAN DUNIA LAIN DI TRANS TV BAGI KEIMANAN MASYARAKAT GEDONGAN KOTA GEDE YOGYAKARTA (ANALISIS DAMPAK TAYANGAN TERHADAP KEIMANAN))
01210408_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Adanya tayangan dunia lain di Trans TV akan membawa dampak keyakinan dalam kehidupan masyarakat. Informasi dapat mempercepat atau memperlambat pengambilan keputusan. Dengan demikian tayangan dunia fain memiliki kekuatan, baik yang membangun maupun yang merusak keyakinan. Dalam menanggapi tayangan ini tergantung pada kemampuan penerima untuk memahami atau memanfaatkan secara proporsional, sehingga makin maju dan produktif. Untuk mengemukakan kesimpulan dampak tayagan dunia lain di trans tv, akan mendasarkan pada konsep di atas, bahwa pada dasamya informasi berupa tayangan dunia lain mempun_yai kekuatan, baik membangun maupun merusak, · khususnya mengenai · keyakinan. Ini tergantung dari · kemampuan masyarakat (== responden) dalam memanfaatkan dan memahami tayangan dunia lain secara proporsional Tentang tayangan dunia lain di daerah penelitian terjadi, baik dampak positif maupun dampak negatif. Dari hasil penelitian lapangan menunjukan bahwa untuk di daerah penelitian dampak positifnya adalah menambah keyakinan terhadap kebesaran Allah SWT, dan menambah pengetahuan dan wawasan bahwa gangguan setan bisa diusir dengan ayat-ayat Al-Qur'an dan zikril kepada Allah SWT. Pendapat ulama memberikan wawasan kepada masyarakat, bahwa setan adalah musuh bagi manusia. Setan bisa bembah wujud dalam bentuk apa saja untuk menipu dan menyesatkan manusai di permukaan bumi ini. Di samping itu, pendapat ulama juga memberikan pengetahuan, bahwa selain alam nyata ada alam yang tidak nyata, seperti alam jin, yang eksistensinya tidak dapat ditangkap oleh panca indera, tetapi dijelaskan Allah melalui wahyunya danRasul melalui hadistnya. Sedangkan dampak negatifnya adalah menambah keyakinan terhaqap mitos-mitos dan kepercayaan yang bertentangan dengan syariat Islam. Juga memberikan informasi terhadap tempat-tempat keramat yang bisa menyuburkan perbuatan syirik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Zainuddin M. Ag
Uncontrolled Keywords: Tayangan Dunia Lain, TransTV, Keimanan , Masyaralat
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 25 Nov 2021 15:23
Last Modified: 25 Nov 2021 15:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47148

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum