UPAYA GURU PAI DALAM MENGOPTIMALISASI KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN BRAILE BAGI SISWA KELAS VIII DI MTS YAKETUNIS

HERFIANTO, NIM. 15410154 (2021) UPAYA GURU PAI DALAM MENGOPTIMALISASI KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN BRAILE BAGI SISWA KELAS VIII DI MTS YAKETUNIS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU PAI DALAM MENGOPTIMALISASI KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN BRAILE BAGI SISWA KELAS VIII DI MTS YAKETUNIS)
15410154_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU PAI DALAM MENGOPTIMALISASI KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN BRAILE BAGI SISWA KELAS VIII DI MTS YAKETUNIS)
15410154_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah turunnya Al-Quran kemuka bumi sebagai pedoman seluruh umat manusia, mengharuskan kita mempelajari dan mengamalkan kandungan isinya. Akan tetapi, tidak semua manusia bisa mempelajarinya dengan cara yang normal. Ada yang diberikan kelengkapan fisik, namun ada juga yang diberikan kekurangan fisik. Hal ini dengan tujuan agar memudahkan penyandang tunanetra untuk mempelajari al- Quran Braille. Model Alquran braile di tulis dengan huruf timbul dengan suatu kode kode yang telah dirumuskan dalam penelitian braile. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Upaya guru dalam mengoptimalisasi kemampuan membaca Alquran Braille bagi siswa tunanetra kelas VII di MTs Yaketunis Yogyakarta di MTs LB/AYaketunis Yogyakarta. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologi. Pengumpulan data dilakukan pada natural setting (kondisi yang alamiah), sumber data primer, dan teknik pengumpulan data lebih banyak pada observasi berperan serta (participant observation), wawancara mendalam (in-depthinterview), dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Upaya Guru PAI dalam Mengoptimalisasi Kemampuan Membaca Alquran Braille diantaranya dengan cara : (1) Mengenalkan makharijul huruf, Mengajarkan bacaan Idzhar, Idghom, Iqlab, Ikhfa‟, Mengajarkan hukum mim mati, hukum ra, hukum lam jalalah, (2) Melatih untuk melafadzkan bacaan-bacaan tertentu (lafdziah) dari ayat Al Quran, Memberikan test lisan maupun tulisan, (3) Mengunakan alat peraga sebagai alat bantu, Melatih untuk membacakan ayat Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari, (4) Mendidik anak dengan titik berat dan memberikan arahan serta memotivasi anak untuk mencapai tujuan baik jangka pendek maupun jangka Panjang, (5) Memberi fasilitas pencapai tujuan melalui pengalaman belajar yang memadai, (6) Membangkitkan dorongan kepada peserta didik untuk belajar. Faktor penghambat dalam mengoptimalisasi kemampuan membaca Al-Quran Braile terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mochamad Fuad, M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi, Membaca, Al-Quran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 25 Nov 2021 05:16
Last Modified: 25 Nov 2021 05:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47154

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum