IMPLEMENTASI METODE QIRAATI DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS ALQUR’AN KELOMPOK A TK PLUS KHODIJAH NGAGLIK, TRIHARJO, SLEMAN

Lia Agus tiani, NIM: 15430059 (2021) IMPLEMENTASI METODE QIRAATI DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS ALQUR’AN KELOMPOK A TK PLUS KHODIJAH NGAGLIK, TRIHARJO, SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE QIRAATI DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS ALQUR’AN KELOMPOK A TK PLUS KHODIJAH NGAGLIK, TRIHARJO, SLEMAN)
15430059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE QIRAATI DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS ALQUR’AN KELOMPOK A TK PLUS KHODIJAH NGAGLIK, TRIHARJO, SLEMAN)
15430059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Metode qiraati digunakan diberbagai lembaga pembelajaran baca tulis Al-Qur’an. Metode tersebut juga digunakan di TK Plus Khodijah Ngaglik, Triharjo, Sleman. Karena itulah penelitian ini dilakukan dengan judul Implementasi Metode Qiraati dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an kelompok A TK Plus Khodijah Ngaglik, Triharjo, Sleman. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui alasan yang mendasari TK Plus Khodijah Ngaglik, Triharjo, Sleman untuk memilih metode qiraati dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dengan metode qiraati serta untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan TK Plus Khodijah Ngaglik, Triharjo, Sleman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi Metode Qiraati dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an kelompok A TK Plus Khodijah Ngaglik, Triharjo, Sleman. Sedangkan manfaat yang dapat diambil dari penelitian ini adalah sebagai bahan informasi bagi guru, wali murid dan wawasan terhaadap peneliti. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. dalam penelitian ini penulis akan menggambarkan implementasi metode qiraati dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an kelompok A TK Plus Khodijah Ngaglik, Triharjo, Sleman. Lokasi yang diteliti adalah TK Plus Khodijah Ngaglik, Triharjo Sleman kelompok A dengan subjek penelitian yaitu kepala sekolah dan guru qiraati. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode qiraati kelompok A TK Plus Khodijah Ngaglik, Triharjo Sleman memiliki 8 kelas yaitu kelas qiraati Jilid praTK, 1, 2, 3, 4, 5, 6 Al-Qur’an. Langkah pembelajaran yang digunakan ada tiga tahap yaitu kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Evaluasi pembelajaran yang meliputi evaluasi harian yang dilakukan guru dan evaluasi kenaikan jilid dengan ustadzah penguji Qiraati. Sedangkan kelebihan dan kekurangan implementasi metode qiraati dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an kelompok A TK Plus Khodijah Ngaglik, Triharjo, Sleman adalah Ustadzah melalui disiplin yang sama dan sudah bersertifikat dan Bagi peserta didik yang tidak aktif akan semakin tertinggal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Suismanto, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Metode qiraati dan Pembelajaran baca tulis Al-Qur’an
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 25 Nov 2021 05:28
Last Modified: 25 Nov 2021 05:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47155

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum