ANALISIS KESALAHAN MORFOLOGI DAN SINTAKSIS KITABAH SISWA KELAS VII MTs NU 13 ARRAHMAT SUKOREJO KENDAL TAHUN AJARAN 2020/2021

Zaharo Naelul Muna, NIM.: 17104020031 (2021) ANALISIS KESALAHAN MORFOLOGI DAN SINTAKSIS KITABAH SISWA KELAS VII MTs NU 13 ARRAHMAT SUKOREJO KENDAL TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KESALAHAN MORFOLOGI DAN SINTAKSIS KITABAH SISWA KELAS VII MTs NU 13 ARRAHMAT SUKOREJO KENDAL TAHUN AJARAN 2020/2021)
17104020031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KESALAHAN MORFOLOGI DAN SINTAKSIS KITABAH SISWA KELAS VII MTs NU 13 ARRAHMAT SUKOREJO KENDAL TAHUN AJARAN 2020/2021)
17104020031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan Morfologi dan Sintaksis siswa dalam hal tulisan dan mendiskripsikan faktor-faktor penyebab kesalahan berbahasa. Objek formal dalam penelotian ini adalah kesalahan morfologi dan sintaksis dan penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan di lingkungan MTs NU 13 Arrahmat, sedangkan pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang berupa tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hampir seluruh siswa kelas VII mengalami kesalahanِ Kitābahِ dalamِ aspekِ Morfologiِ danِ Sintaksis. Kesalahan morfologi terdapat kesalahan pemilihan kata ganti (al-damir) sebanyak 15,06% , kesalahan dalam penempatan mudzakkar dan muannats sebanyak 11,85% serta kesalahan pada pemilihan fi'il yang tidak sesuai dengan fa'ilnya sebanyak 12,5%. Pada kesalahan sintaksis terdapat kesalahan penyusunan na'at sebanyak 3,84%, mubatada' Khabar sebanyak 12,82% serta kesalahan dalam pemberian harakat akhir kalimat (i'rāb) sebanyak 43,91%. Faktor penyebab kesalahan berbahasa adalah kesalahan interlingual, kesalahan intralingual yang berupa ketidaktahuan pembatasan kaidah (ignore of rule restrictoins) penerapan kaidah yang tidak sempurna (incomplete application of rules) dan salah menghipotesiskan konsep (false concepts hypothesized). Kataِ kunci:ِ

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hj. R. Umi Baroroh, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Analisisِ Kesalahan,ِ Morfologi,ِ Sintaksis,ِ Kitābah
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Bahasa Arab > Bahasa Arab Tatabahasa - Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 25 Nov 2021 13:04
Last Modified: 25 Nov 2021 13:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47173

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum