PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE SITES PADA MATERI IKATAN KIMIA BERMUATAN MULTI LEVEL REPRESENTASI KIMIA

Veni Jumila Danin, NIM. 15670032 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE SITES PADA MATERI IKATAN KIMIA BERMUATAN MULTI LEVEL REPRESENTASI KIMIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE SITES PADA MATERI IKATAN KIMIA BERMUATAN MULTI LEVEL REPRESENTASI KIMIA)
15670032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE SITES PADA MATERI IKATAN KIMIA BERMUATAN MULTI LEVEL REPRESENTASI KIMIA)
15670032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Google sites adalah salah satu layanan yang dimiliki google untuk membantu penggunanya dalam membuat situs web dengan mudah, gratis dan bebas. Google sites dapat menjadi pilihan media pembelajaran yang interaktif pada mata pelajaran kimia, khususnya materi ikatan kimia. Ikatan kimia merupakan materi yang dianggap sulit oleh peserta didik, khususnya pemahaman pada level submikroskopik. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis google sites pada materi ikatan kimia bermuatan multi level representasi kimia, dan menganalisis kualitas produk berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, reviewer (pendidik kimia SMA/MA), dan respon peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4-D yaitu terdiri atas tahap define, design, develop, dan disseminate, namun tahap disseminate tidak dilakukan. Produk divalidasi oleh dosen pembimbing d an empat peer reviewer. Kualitas produk dinilai oleh satu ahli materi, satu ahli media, lima pendidik kimia SMA/MA, dan direspon oleh sepuluh peserta didik. Penilaian kualitas dilakukan dengan metode expert judgement yaitu produk dinilai oleh ahli sesuai bidangnya. Penilaian kualitas dilakukan menggunakan lembar angket skala Likert, sedangkan respon peserta didik dilakukan menggunakan lembar angket skala Guttman. Produk yang telah divalidasi merupakan media pembelajaran berbasis google sites pada materi ikatan kimia dilengkapi dengan video pembelajaran bermuatan multi level representasi kimia. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi mendapatkan persentase 85,00% dengan kategori Sangat Baik (SB), penilaian oleh ahli media mendapatkan persentase 97,50% dengan kategori Sangat Baik (SB), dan penilaian produk oleh pendidik kimia SMA/MA mendapatkan persentase 97,00% dengan kategori Sangat Baik (SB). Video ini direspon positif oleh peserta didik dengan persentase sebesar 93,75%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Agus Kamaludin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: google sites, multi level representasi kimia, ikatan kimia
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 25 Nov 2021 12:53
Last Modified: 25 Nov 2021 12:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47179

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum