IMPLEMENTASI MENU MAKANAN SEHAT DAN BERGIZI UNTUK MENGOPTIMALKAN TUMBUH KEMBANG ANAK USIA DINI DI TKIT AL FARABI

Alfiani Dyah Kurnia Sari, NIM. 16430039 (2021) IMPLEMENTASI MENU MAKANAN SEHAT DAN BERGIZI UNTUK MENGOPTIMALKAN TUMBUH KEMBANG ANAK USIA DINI DI TKIT AL FARABI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MENU MAKANAN SEHAT DAN BERGIZI UNTUK MENGOPTIMALKAN TUMBUH KEMBANG ANAK USIA DINI DI TKIT AL FARABI)
16430039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MENU MAKANAN SEHAT DAN BERGIZI UNTUK MENGOPTIMALKAN TUMBUH KEMBANG ANAK USIA DINI DI TKIT AL FARABI)
16430039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pertumbuhan dan perkembangan anak sangat penting diperhatikan sejak anak lahir sampai dewasa. Proses pertumbuhan dan perkembangan merupakan dua hal yang berbeda namun berjalan dengan beriringan. Angka stunting yang terjadi di Indonesia saat ini cukup tinggi. Di TKIT Al Farabi memiliki program unggulan dalam menyediakan makanan sehat dan bergizi untuk mencegah terjadinya stunting pada anak usia dini. Fokus penelitian ini dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana standar menu makanan sehat dan bergizi untuk anak. (2) Bagaimana penerapan menu makanan sehat dan bergizi untuk anak di TKIT Al Farabi. (3) Bagaimana dampak makanan sehat terhadap tumbuh kembang peserta didik di TKIT Al Farabi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui standar menu makanan sehat dan bergizi untuk anak, untuk mengetahui penerapan menu makanan sehat dan bergizi untuk anak di TKIT Al Farabi serta untuk mengetahui dan memahami dampak makanan sehat terhadap tumbuh kembang peserta didik di TKIT Al Farabi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, penelitian ini dilakukan di TKIT Al Farabi. Pengumpulan data diambil dengan observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilaksanakan dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Sedangkan, untuk uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian yang didapatkan antara lain: (1) standar menu makanan sehat dan bergizi untuk anak yang saat ini diterapkan yaitu pedoman gizi seimbang yang di dalamnya memiliki empat pilar yang harus diperhatikan. (2) Implementasi menu makanan sehat dan bergizi untuk anak di TKIT Al Farabi sudah menerapkan pedoman gizi seimbang sesuai dengan peraturan yang berlaku. Dalam penyusunan menu makanan sehat dan bergizi TKIT Al Farabi bekerja sama dengan ahli gizi Puskesmas Kasihan I sehingga penyediaan makanan sehat untuk anak dapat terlaksana dengan baik. (3) Dampak yang muncul setelah adanya menu makanan sehat dan bergizi terhadap tumbuh kembang peserta didik di TKIT Al Farabi yaitu terjadi peningkatan pertumbuhan dan perkembangan anak. Dalam pertumbuhan fisik yang diukur dengan mengukur tinggi badan dan berat badan anak. Selain itu, perkembangan anak juga meningkat berdasarkan penilaian harian yang dilakukan oleh pendidik kelas masing-masing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Makanan Sehat, pertumbuhan , perkembangan
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 25 Nov 2021 13:08
Last Modified: 25 Nov 2021 13:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47182

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum