PERPADUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN KONSEP MONTESSORI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI ANAK DI TK BUDI MULIA DUA PANDEANSARI

Sri Wulandari, NIM.: 17104030070 (2021) PERPADUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN KONSEP MONTESSORI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI ANAK DI TK BUDI MULIA DUA PANDEANSARI. Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (i PERPADUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN KONSEP MONTESSORI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI ANAK DI TK BUDI MULIA DUA PANDEANSARI)
17104030070_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (i PERPADUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN KONSEP MONTESSORI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI ANAK DI TK BUDI MULIA DUA PANDEANSARI)
17104030070_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari ketertarikan peneliti terhadap konsep Montessori, pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan tahap perkembangan dan fitrah anak. Budi Mulia Dua Pandeansari adalah salah satu lembaga yang menggunakan metode pembelajaran Montessori untuk suksesnya belajar peserta didik. Akan tetapi persaingan antar lembaga PAUD yang begitu banyak memerlukan nilai jual yang berbeda dengan lembaga PAUD lainnya. Oleh karena itu, Budi Mulia Dua membuat branding dengan perpaduan pendidikan agama Islam dengan konsep Montessori untuk membentuk karakter-karakter Islami pada diri anak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implementasi perpaduan pendidikan agama Islam dan konsep Montessori dalam membentuk karakter mandiri anak. Anak membutuhkan lingkungan yang dapat mengembangkan fitrah-fitrah yang dimiliki oleh anak. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya, untuk mengetahui keabsahan data menggunakan triangulasi teknik,untuk mendapatkan data dari sumber yang sama. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Perpaduan pendidikan agama Islam dan konsep Montessori di TK Budi Mulia Dua adalah perpaduan pendidikan agama Islam dan konsep Montessori melalui media Montessori dan perpaduan pendidikan agama Islam dan konsep Montessori melalui teladan dan pembiasaan. (2) Dasar dari penerapan Islamic Montessori di Budi Mulia Dua adalah dasar mengikuti perkembangan zaman, dasar keagamaan dan dasar branding (3) Implementasi perpaduan pendidikan agama Islam dan konsep Montessori di TK Budi Mulia Dua Pandeansari meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hj. Erni Munastiwi, M.M.
Uncontrolled Keywords: Perpaduan, Pendidikan Agama Islam, Konsep Montessori, Pendidikan Karakter Mandiri
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 25 Nov 2021 14:18
Last Modified: 25 Nov 2021 14:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47201

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum