ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN MENURUT DAVID KEIRSEY

Auliyatul Hanifah, NIM. 16600080 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN MENURUT DAVID KEIRSEY. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN MENURUT DAVID KEIRSEY)
16600080_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN MENURUT DAVID KEIRSEY)
16600080_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah pada materi bangun ruang sisi lengkung berdasarkan tipe kepribadian Guardian, Artisan, Rasional, dan Idealis. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan fakta atau populasi yang ada secara sistematis, aktual dan cermat. Subjek penelitian adalah 7 siswa dari kelas IX MTs Ta’mirul Islam pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Pengambilan subjek dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah tes dan wawancara. Teknik analisis data penelitian adalah analisis data tes tipe kepribadian, data tes kemampuan berpikir kritis, dan data hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan: (1) siswa dengan tipe kepribadian guardian mampu melakukan indikator focus, reason, situation, dan clarity serta tidak melakukan indikator inference dan overview (2) siswa dengan tipe kepribadian rasional mampu melakukan indikator focus, reason, overview, situation, dan clarity serta tidak melakukan indikator inference (3) siswa dengan tipe kepribadian idealis mampu melakukan indikator focus, reason, situation, dan clarity serta tidak melakukan indikator inference dan overview (4) siswa dengan tipe kepribadian guardian melakukan indikator reason, situation, dan clarity serta tidak melakukan indikator focus, inference dan overview. Perbedaan kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah antara tipe kepribadian adalah pada indikator reason yang melibatkan cara berpikir, proses perhitungan, dan keakuratan alasan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Iwan Kuswidi, S.Pd. I., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berpikir kritis, pemecahan masalah, tipe kepribadian
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 25 Nov 2021 14:26
Last Modified: 25 Nov 2021 14:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47214

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum