AL JANIB AL INSAN FI AL SYI’R “AN INSAN” LI MAHMOUD DARWISH (DIRASAH TAHLILIYAH SIMIYA'IYAH LI FERDINAND DE SAUSSURE)

Nadia Kholifatuz Zahida, NIM.: 16110026 (2021) AL JANIB AL INSAN FI AL SYI’R “AN INSAN” LI MAHMOUD DARWISH (DIRASAH TAHLILIYAH SIMIYA'IYAH LI FERDINAND DE SAUSSURE). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL JANIB AL INSAN FI AL SYI’R “AN INSAN” LI MAHMOUD DARWISH (DIRASAH TAHLILIYAH SIMIYA'IYAH LI FERDINAND DE SAUSSURE))
16110026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (AL JANIB AL INSAN FI AL SYI’R “AN INSAN” LI MAHMOUD DARWISH (DIRASAH TAHLILIYAH SIMIYA'IYAH LI FERDINAND DE SAUSSURE))
16110026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perang antara Israel dan Palestina merupakan rangkaian konflik yang panjang. Perang panjang selama enam dasawarsa tersebut membuat para penyair Palestina, termasuk Mahmoud Darwish, terkondisi untuk melahirkan puisi yang mengandung nilai-nilai humanisme. Puisi ‘An Insan karya Mahmoud Darwish menggambarkan kondisi sosial masyarakat di duni pada saat ini. Penjajahan yang terjadi di seluruh belahan dunia menyebabkan manusia mengalami penderitaan dan kesengsaraan. Politik juga menjadi sumber rendahnya nilai kemanusiaan, bahkan manusia yang tidak tunduk pada kekuasaan selalu berada dalam penindasan. Adapun masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana proses penemuan tanda-tanda dan dimensi humanisme dalam puisi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teori semiotik Ferdinand De Saussure yang menyatakan bahwa semiotik (tanda) itu terdiri dari dua bagian, yang pertama adalah penanda (al-Dal) dan yang kedua adalah pertanda (al-Madlul). Pengkajian puisi menggunakan teori ini dilakukan bertujuan untuk menyingkap makna di balik ungkapan-ungkapan yang ada dalam puisi untuk kemudian disatukan maknanya, sehingga pesan atau nilai humanisme yang terkandung dalam puisi tersebut dapat tersampaikan dengan jelas. Hasil dari penelitian terhadap puisi ‘An Insan terdapat enam dimensi humanisme, yaitu cinta kasih, tolong menolong, rela berkorban, penderitaan, keadilan, dan harapan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Jarot Wahyudi, M.H, M.A
Uncontrolled Keywords: dimensi humanisme; semiotik; puisi; penanda dan petanda
Subjects: Kesusastraan Arab > Bahasa dan Sastra Arab - Analisis Teks
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 25 Nov 2021 14:35
Last Modified: 10 May 2022 12:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47217

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum