STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI GURU MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 2 KAJORAN MAGELANG JAWA TENGAH

Tachta Imarotu Annisa’, NIM.: 17104090055 (2021) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI GURU MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 2 KAJORAN MAGELANG JAWA TENGAH. Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI GURU MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 2 KAJORAN MAGELANG JAWA TENGAH)
17104090055_BAB I_BAB TERAKHIR_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI GURU MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 2 KAJORAN MAGELANG JAWA TENGAH)
17104090055_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Fenomena pandemi covid-19 berdampak pada beberapa sektor kehidupan termasuk dalam dunia pendidikan. Pembelajaran dilakukan dengan sistem dalam jaringan (Daring) dan mengalami beberapa kendala. Motivasi guru yang tinggi sangat dibutuhkan dalam menghadapi pembelajaran dengan sistem yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi guru selama masa pandemi covid-19 di SMP Negeri 2 Kajoran. Penelitian ini nerupakan penelitian kualitatif yang dilakukan di SMP Negeri 2 Kajoran. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan 3 (tiga) orang guru di SMP Negeri 2 Kajoran. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisa data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan keimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan cara triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi guru adalah: a. kebijakan pemberian insentif dengan cara menggantikan biaya tranportasi guru bagi guru yang telah melaksankan perjalanan untuk pembelajaran luring, b. pemberian reward verbal dengan cara pemberian motivasi secara rutin saat apel pagi dan ucapan terimakasih serta selamat kepada guru yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik. c. menjalankan tugas dan fungsi kepala sekolah dengan baik yaitu melaksanakan fungsi kepala sekolah sebagai manajer, administrator, pengawas, pemimpin, innovator dan motivator. (2) Motivasi guru dalam meningkatkan kinerjanya adalah a. kebutuhan meningkatkan prestasi, peluang untuk berkembang, menciptakan kebanggaan pada pekerjaan, kebutuan pengakuan, gaji dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hj. Erni Munastiwi, M.M
Uncontrolled Keywords: Motivasi Guru, Strategi Kepala Sekolah, Masa Pandemi
Subjects: Covid-19
Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Psikologi > Motivasi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 26 Nov 2021 14:42
Last Modified: 26 Nov 2021 14:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47280

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum