PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA WISATA BUDAYA: ( STUDI PROSES DAN DAMPAK TERHADAP MASYARAKAT DI RAJEK WETAN, TIRTOADI, MLATI, SLEMAN, YOGYAKARTA )

Rifdah Khoiriyah, NIM.: 16230042 (2021) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA WISATA BUDAYA: ( STUDI PROSES DAN DAMPAK TERHADAP MASYARAKAT DI RAJEK WETAN, TIRTOADI, MLATI, SLEMAN, YOGYAKARTA ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA WISATA BUDAYA: ( STUDI PROSES DAN DAMPAK TERHADAP MASYARAKAT DI RAJEK WETAN, TIRTOADI, MLATI, SLEMAN, YOGYAKARTA ))
16230042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA WISATA BUDAYA: ( STUDI PROSES DAN DAMPAK TERHADAP MASYARAKAT DI RAJEK WETAN, TIRTOADI, MLATI, SLEMAN, YOGYAKARTA ))
16230042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan negara berkembang yang memiliki keanekaragaman objek wisata maupun budaya. Keanekaragaman wisata dimiliki oleh setiap daerah dengan ciri khas dan keunikan mereka masing-masing. Dibalik keanekaragam yang dimiliki, Indonesia memiliki satu dari banyak permasalahan yang ada yaitu kemiskinan. Sektor pariwisata merupakan salah satu yang diharapkan menjadi media penggerak perekonomian masyarakat dapat berjalan berkelanjutan melalui pengembangan pariwisata berbasis kerakyatan. Pemberdayaan melalui desa wisata faktor kunci yang menentukan motivasi wisatawan untuk berwisata salah satunya di Desa Wisata Dusun Rajek Wetan, yang mana sudah berdiri sejak tahun 2019. Tujuan dari penelitian ini adalah Mendeskripsikan proses dan dampak pemberdayaan masyarakat melalui Desa Wisata Budaya yang dilakukan oleh Desa Rajek Wetan. Penelitian ini bersifat kualitatif fenomenologi. Teknik penarikan informan menggunakan teknik kriteria. Informan dalam penelitian ini adalah Bapak Widyarto Dukuh Rajek Wetan, Bapak Minaryoko Wakil Ketua Pokdarwis, Bapak Wahjudi Djaja Fasilitator, Bapak Harno, Bapak Anton, Masyarakat Rajek Wetan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pemberdayaan melalui desa wisata budaya di Desa Wisata Rajek Wetan melewati tiga tahap yaitu tahap penyadaran, tahap pengkapasitasan, tahap pendayaan. Sedangkan dampak pemberdayaan melalui desa wisata terhadap masyarakat Rajek Wetan bersifat positif dalam hal perekonomian dan sosial budaya melalui kegiatan pelatihan-pelatihan, interaksi sosial dan melestarikan budaya yang ada

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Siti Syamsiyatun, M.A., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Proses, Dampak Pemberdayaan, Desa Wisata
Subjects: Industri Pariwisata
Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Jan 2022 14:24
Last Modified: 03 Jan 2022 14:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47610

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum