STRATEGI PONDOK PESANTREN DARUL QUR’AN WAL IRSYAD DALAM MEMBANGUN INTERAKSI SOSIAL ANTARA SANTRI DENGAN MASYARAKAT LEDOKSARI GUNUNGKIDUL DI ERA PANDEMI COVID-19

Muhammad Iqbal, NIM.: 17102030027 (2021) STRATEGI PONDOK PESANTREN DARUL QUR’AN WAL IRSYAD DALAM MEMBANGUN INTERAKSI SOSIAL ANTARA SANTRI DENGAN MASYARAKAT LEDOKSARI GUNUNGKIDUL DI ERA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PONDOK PESANTREN DARUL QUR’AN WAL IRSYAD DALAM MEMBANGUN INTERAKSI SOSIAL ANTARA SANTRI DENGAN MASYARAKAT LEDOKSARI GUNUNGKIDUL DI ERA PANDEMI COVID-19)
17102030027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PONDOK PESANTREN DARUL QUR’AN WAL IRSYAD DALAM MEMBANGUN INTERAKSI SOSIAL ANTARA SANTRI DENGAN MASYARAKAT LEDOKSARI GUNUNGKIDUL DI ERA PANDEMI COVID-19)
17102030027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penyebaran Covid-19 memberikan dampak yang kurang baik di dunia, khususnya Indonesia. Pemerintah Indonesia mengambil langkah guna memutus rantai penyebaran Covid-19 dengan memberlakukan program social distancing, dimana konsep tersebut menganjurkan agar masyarakat memberi jarak minimal 2 meter ketika berinteraksi, mengurangi kegiatan di luar rumah, dan menghindari bertemu dengan banyak orang. Namun, kebijakan tersebut berimbas pada terbatasnya interaksi sosial yang terjadi di masyarakat. Salah satunya adalah interaksi sosial yang terjalin antara santri Pondok Pesantren Darul Qur‟an Wal Irsyad dengan masyarakat Ledoksari Gunungkidul. Maka dari itu, peneliti melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi Pondok Pesantren Darul Qur‟an Wal Irsyad dalam membangun interaksi sosial dengan masyarakat Ledoksari Gunungkidul di era pandemi Covid-19 serta dampak pandemi Covid-19 terhadap kuantitas dan kualitas interaksi sosial antara santri Pondok Pesantren Darul Qur‟an Wal Irsyad dengan masyarakat Ledoksari Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Analisa data dilakukan dengan menggunakan teori proses strategi serta dampak positif dan negatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Semua data yang terkumpul kemudian divalidasi menggunakan teknik triangulasi, kemudian data dianalisis melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan Pondok Pesantren Darul Qur‟an Wal Irsyad dalam membangun interaksi sosial dengan masyarakat Ledoksari Gunungkidul, yaitu penerapan protokol kesehatan, memilih perwakilan santri untuk berpartisipasi dalam kegiatan, mengalihkan beberapa kegiatan melalui sosial media, dan membangun kerjasama dengan warga dalam kegiatan jual beli. Sedangkan dampak pandemi Covid-19 terhadap interaksi sosial terbagi menjadi dua bagian, yaitu dampak positif dan negatif. Dampak positif meliputi meningkatkan rasa kepedulian sosial, meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar, dan meningkatkan solidaritas sosial. Serta dampak negatif meliputi terbatasnya interaksi sosial antara santri dengan masyarakat, sebagian warga kehilangan mata pencaharian, dan menimbulkan kepanikan bagi masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Siti Syamsiatun M.A. P.hD
Uncontrolled Keywords: Strategi, Interaksi Sosial, Dampak Pandemi Covid-19
Subjects: Covid-19
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Sosial, Interaksi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Jan 2022 14:25
Last Modified: 03 Jan 2022 14:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47616

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum