PENGEMBANGAN VIDEO HIJAIYAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQURAN DI BA PERWANIDA TEMANGGUNG

Wina Kurnia Sari, NIM.: 17104030055 (2021) PENGEMBANGAN VIDEO HIJAIYAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQURAN DI BA PERWANIDA TEMANGGUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN VIDEO HIJAIYAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQURAN DI BA PERWANIDA TEMANGGUNG)
17104030055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN VIDEO HIJAIYAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQURAN DI BA PERWANIDA TEMANGGUNG)
17104030055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pentingnya kemampuan anak dalam membaca Alquran, untuk anak dapat membaca Alquran maka dasar yang dipelajari adalah huruf hijaiyah. Dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran pada anak usia dini maka pembelajaran di sekolah akan lebih efektif jika digunakan media pembelajaran, media video menjadi media yang efektif jika digunakan dalam pembelajaran karena dapat menampilkan suara dan gambar secara bersamaan. Oleh karena itu dibuatlah media pembelajaran yang berupa video hijaiyah ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuai bagaimana pengembangan video hijaiyah untuk meningkatkan kemampuan membaca Alquran pada anak, dan untuk mengetahui kelayakan dalam video untuk meningkatkan kemampuan membaca Alquran pada anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D), model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model dari Sugiyono. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan angket yang disebarkan kepada ahli media, ahli materi, dan guru. Setelah divalidasi produk video hijaiyah ini diuji cobakan kepada anak di BA Perwanida Temanggung. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, video hijaiyah ini dinyatakan valid dengan persentase dari ahli materi adalah 74,15% dengan kriteria valid, persentase dari ahli media adalah 82,67% dengan kriteria sangat valid. Media video hijaiyah ini dinyatakan sangat praktis dengan persentase 88,57%. Media video ini dapat meningkatkan kemampuan membaca Alquran pada anak usia 5-6 tahun dibuktikan dengan setelah menggunakan media pembelajaran video hijaiyah didapat presentase kemampuan membaca Alquran pada anak meningkat dengan hasil sebesar 92,41%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sigit Purnama, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media Pembelajaran, Perkembangan Bahasa
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
al Qur'an
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Jan 2022 14:40
Last Modified: 03 Jan 2022 14:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47779

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum