PENGEMBANGAN MEDIA POCKET KAMUS BAHASA ARAB DALAM PENINGKATAN PENGUASAAN MUFRADAT DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 INDRAMAYU

Eka Mardiyana Rosila, NIM.: 1620411053 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA POCKET KAMUS BAHASA ARAB DALAM PENINGKATAN PENGUASAAN MUFRADAT DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 INDRAMAYU. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA POCKET KAMUS BAHASA ARAB DALAM PENINGKATAN PENGUASAAN MUFRADAT DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 INDRAMAYU)
1620411053_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (20MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA POCKET KAMUS BAHASA ARAB DALAM PENINGKATAN PENGUASAAN MUFRADAT DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 INDRAMAYU)
1620411053_BAB II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Pocket Kamus Bahasa Arab yang layak dan menguji efektifitas produk tersebut untuk peningkatan penguasaan mufradat siswa kelas V. Adapun model pengembangan yang digunakan oleh peneliti adalah model pengembangan Borg and Gall. Dari 10 tahap pengembangan yang disajikannya, peneliti menyederhanakannya sampai pada 9 tahap pengembangan. Subjek uji coba di kelas V A sebagai kelas eksperimen dan V B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket validator dan guru, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji “t” (Independent sample T-test) dengan bantuan SPSS 16.0. Hasil dari penelitian ini yaitu sebuah Pocket Kamus Bahasa Arab. Kamus tersebut dinyatakan baik dari segi materi, bahasa dan medianya. Validasi kamus ditentukan berdasarkan hasil penilaian tim ahli dan guru bahasa Arab. Adapun hasil perhitungan Pocket Kamus Bahasa Arab yang telah dikembangkan, berdasarkan penilaian ahli materi dan bahasa sangat baik (SB) dengan skor 50 dan tingkat persentase keidealan 90.90%. Penilaian ahli media sangat baik (SB) dengan skor 68 dan tingkat persentase keidealan 90.67%. Sementara itu respon guru bahasa Arab sangat baik (SB) dengan skor 75 dan tingkat persentase keidealan 93,75 %. Hasil Perbedaan ini dapat dilihat dari perubahan rata-rata nilai pretest ke posttest pada masing-masing kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol). Rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 59.42 berubah menjadi 85.52. Adapun pada kelas kontrol dilihat dari nilai rata-rata pretest yaitu 45.00 berubah menjadi 68.13. Begitu juga berdasarkan hasil analisis variansi dari hasil pretest dengan uji T menggunakan Independent-Sample T Test menunjukkan bahwa nilai Sig. 0,193 >0,05 maka Ho diterima, yaitu tidak ada perbedaan yang signifikan nilai rata-rata pretest kelas kontrol dan eksperimen. Hasil uji t data posttest menunjukkan nilai Sig 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata posttest kelas kontrol dan eksperimen. Hasil dari uji hipotesis menunjukkan bahwa Ho ditolak yang berarti ada perbedaan yang signifikan pada penggunaan pocket kamus tematik bahasa Arab yang diberikan terhadap peningkatan dalam penguasaan mufradat. Dari sini bisa dilihat perubahan yang paling signifikan, yaitu perubahan nilai pretest ke posttest pada kelas eksperimen. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan yang signifikan pada pengembangan media pocket kamus bahasa Arab untuk meningkatkan penguasaan mufradat di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Indramayu.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hj. R. Umi Baroroh, M.Ag
Uncontrolled Keywords: development media; vocabulary; pocket kamus; mufradat; mu'jam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Kamus
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 05 Jan 2022 13:06
Last Modified: 05 Jan 2022 13:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47930

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum