STRATEGI DAKWAH BERTEMA PEMUDA TERSESAT OLEH HABIB HUSEIN JAFAR DALAM CHANNEL YOUTUBE JEDA NULIS

Ahmad Nurkholis, NIM.: 17102010054 (2021) STRATEGI DAKWAH BERTEMA PEMUDA TERSESAT OLEH HABIB HUSEIN JAFAR DALAM CHANNEL YOUTUBE JEDA NULIS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI DAKWAH BERTEMA PEMUDA TERSESAT OLEH HABIB HUSEIN JAFAR DALAM CHANNEL YOUTUBE JEDA NULIS)
17102010054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI DAKWAH BERTEMA PEMUDA TERSESAT OLEH HABIB HUSEIN JAFAR DALAM CHANNEL YOUTUBE JEDA NULIS)
17102010054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan media YouTube sebagai salah satu sumber informasi dan hiburan menjadikan YouTube sebagai media yang hampir digunakan semua pengguna internet di Indonesia. Masyarakat milenial khususnya di Indonesia menganggap bahwa YouTube adalah media untuk mencari hiburan. Kondisi ini membuat konten hiburan lebih diminati dibanding konten dakwah pada masa kini bagi kebanyakan orang. Melihat situasi ini, peneliti tertarik untuk meneliti strategi yang dilakukan oleh Habib Jafar dalam menyampaikan dakwah menggunakan komedi yang bertema pemuda tersesat dimana banyak disukai masyarakat milenial dalam channel YouTube Jeda Nulis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan fokus pada strategi dakwah yang dilakukan Habib Jafar dalam konten yang bertema pemuda tersesat dalam channel YouTube Jeda Nulis dengan menggunakan teori Fred R. David yang terdapat tiga fungsi strategi yaitu perumusan strategi, penerapan strategi, dan penilaian strategi, selain itu peneliti juga menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh Habib Jafar dalam pembuatan konten pemuda tersesat di channel YouTube Jeda Nulis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Habib Husein Jafar Al Hadar telah melaksanakan strategi dakwah dengan membuat konten pemuda tersesat dengan cukup baik menggunakan jenis strategi SO (Strenghts-Opportunities) dimana Habib Jafar berkolaborasi dengan stand up comedian disetiap kontennya, berdakwah menggunakan komedi melalui YouTube, dan merekrut tim survei dan kreatif, strategi ST (Strenghts-Threats) dimana Habib Jafar membuat konten dakwah dengan komedi yang lebih ringan agar menghindari atau meminimalisir ancaman eksternal, dan strategi WT dimana Habib Jafar mengkoordinir dan mengundang bintang tamu pemuka agama Islam agar mengurangi kelemahan internal dan menghindari ancaman eksternal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muhamad Lutfi Habibi, M.A
Uncontrolled Keywords: Strategi Dakwah Oleh Habib Jafar, Dakwah Pemuda Tersesat, Channel YouTube Jeda Nulis
Subjects: Penyiaran Islam
Biografi Tokoh
Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Jan 2022 14:10
Last Modified: 10 Jan 2022 14:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48245

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum