ADAPTASI MASYARAKAT GUNUNGKIDUL DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS DARING DI SEKOLAH DASAR

Septiani Nur Utami, NIM 17107020006 (2021) ADAPTASI MASYARAKAT GUNUNGKIDUL DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS DARING DI SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ADAPTASI MASYARAKAT GUNUNGKIDUL DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS DARING DI SEKOLAH DASAR)
17107020006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ADAPTASI MASYARAKAT GUNUNGKIDUL DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS DARING DI SEKOLAH DASAR)
17107020006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengambil topik peneliti yaitu mengenai adaptasi masyarakat di Gunungkidul dalam Pembelajaran berbasis daring di Sekolah Dasar akibat adanya covid-19 yang melanda Negara Indonesia. Dengan adanya hal ini yang awalnya pembelajaran tatap muka menjadi online. Bagaimana masyarakat beradaptasi dengan situasi pembelajaran yang berbasis daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses masyarakat dalam beradaptasi dengan pembelajaran berbasis daring. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Tehnik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan uji validasi data. Sedangkan analisis data peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Agil (adaptation, gool attainment, latent maintenance) pemilik teori Talcott Parsons. Hasil penelitian ini adalah Adaptasi masyarakat dalam Pembelajaran berbasis Daring. Pertama mempunyai alat komunikasi yang digunakan untuk pembelajaran seperti Hp android dan paket data. Kedua kemampuan siswa dan orangtua dalam memahami aplikasi-aplikasi yang digunakan oleh Guru. Ketiga mempersiapkan siswa untuk mengikuti pembelajaran daring. Keempat pemahaman orangtua berkaitan pembelajaran daring. Kelima Guru memberikan materi-materi yang menarik, mudah dipahami. Dan harus menentukan penilaian yang berbeda dengan tatap muka. Selain itu juga terdapat permasalahan-permasalahan yang dihadapi masyarakat di Desa Saban dalam Pembelajaran Berbasis Daring ini. Pertama dengan adanya Daring anak semakin sulit untuk belajar, menambah kelincahan dalam bermain Hp, dan prestasi menurun. Kedua permasalahan yang dihadapi orangtua anak seperti cara membagi waktu antara kesibukan kerja dan mengurus rumah tangga, pemahaman berkaitan dengan pembelajaran anak. Ketiga permasalahan yang dihadapi Guru seperti, tidak bisa memantau perkembangan prestasi, kepribadian siswa secara langsung, kesulitan untuk memberikan nilai tugas siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Napsiah, S. Sos. , M Si
Uncontrolled Keywords: belajar mengajar, daring, gunungkidul
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 11 Jan 2022 08:14
Last Modified: 11 Jan 2022 08:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48264

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum