PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI HOME INDUSTRY OLAHAN MANGGA OLEH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT PERTAMINA FUEL TERMINAL BBM DONGGALA DI DESA LOLI OGE

Fahrur Rozi, NIM.: 17102030005 (2021) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI HOME INDUSTRY OLAHAN MANGGA OLEH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT PERTAMINA FUEL TERMINAL BBM DONGGALA DI DESA LOLI OGE. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI HOME INDUSTRY OLAHAN MANGGA OLEH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT PERTAMINA FUEL TERMINAL BBM DONGGALA DI DESA LOLI OGE)
17102030005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI HOME INDUSTRY OLAHAN MANGGA OLEH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT PERTAMINA FUEL TERMINAL BBM DONGGALA DI DESA LOLI OGE)
17102030005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Era modern saat ini, perusahaan dituntut untuk terus berkompetisi. Namun, perusahan tidak hanya memperhatikan laba saja, melainkan mesti peduli terhadap aspek lainnya seperti aspek sosial dan aspek lingkungan sekitar perusahan beroperasi. Dengan memanfaatkan potensi lokal, PT Pertamina Fuel Terminal BBM Donggala berupaya untuk melakukan pemberdayaan masyarakat melalui program home industry olahan mangga untuk kesejahteraan masyarakat sekitar. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses dan dampak kegiatan CSR dalam memberdayakan kelompok home industry olahan mangga. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif. Penentuan informan menggunakan metode kriteria. Informan dalam penelitian ini adalah CDO, pengurusan dan anggota, serta pemerintah desa. Validitas data menggunakan triangulasi. Analisis data menggunakan metode interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan proses pengembangan masyarakat melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pendampingan, pemasaran produk, dan monitoring. Sedangkan dampaknya berupa dampak sosial ekonomi yaitu merubah perilaku anggota kelompok, meningkatnya pendapatan anggota, memberi inspirasi kepada masyarakat desa lain, dan membuka kesempatan kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Rahadiyand Aditya, M.A.
Uncontrolled Keywords: Potensi Lokal, Corporate Social Responsibility, Home Industry Olahan Mangga
Subjects: Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Jan 2022 08:47
Last Modified: 11 Jan 2022 08:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48266

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum