Maksudin, - (2015) Transformasi Pendidikan Agama dan Sains Dikotomik ke Pendidikan Nondikotomik. Jurnal Pendidikan Islam, IV (2). pp. 277-298. ISSN P-ISSN : 2301-9166; E-ISSN : 2356-3877
|
Text (Transformasi Pendidikan Agama dan Sains Dikotomik ke Pendidikan Nondikotomik)
Transformasi Pendidikan Agama dan Sains Dikotomik ke Pendidikan Nondikotomik.pdf - Published Version Download (396kB) | Preview |
|
|
Text (Surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan1641907762.pdf - Published Version Download (16kB) | Preview |
Abstract
Masyarakat modern mengalami kehampaan spiritual, hal ini disebabkan oleh pemikiran dikotomis antara agama dan sains. Oleh karena itu, penting dilakukan transformasi dari pemahaman dan pendidikan dikotomis ke nondikotomis. Upaya inidapat dijadikan salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan sistem pendidikan dan sistem kehidupan dikotomis. Beberapa kelebihan nondikotomik bagi sistem pendidikan dan sistem kehidupan adalah terwujudnya: integrasi, interkoneksi, holistik, terpadu, komprehensif, satu sistem, satu kesatuan, kokoh, kuat, kolektif, religius, humanis, damai, akrab, rendah hati, tuntas, kerja keras, kerja cerdas, kerja kualitas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas, sedangkan kelemahan dikotomi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara mengakibatkan beberapa hal: pemisahan, berdiri sendiri-sendiri, parsial, tidak utuh, terbagi-bagi, terkotak-kotak, bercerai berai, runtuh, lemah, individual, sekuler, radikal, anarkis, angkuh, sombong, tidak tuntas, cepat loyo, cepat menyerah, asal-asalan, hasilnya tidak utuh, keakuan serta keputusasaan. Dengan demikian pendidikan agama dan sains nondikotomik sesuai dengan prinsip dasar teologis-dogmatis dan filosofis-metodologis.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Agama dan Sains, Dikotomik, Nondikotomik. |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Jurnal > 23. Pendidikan Islam |
Depositing User: | Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP - |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 20:37 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 20:37 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48339 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |