KONSEP TAUHID DALAM KITAB QUL AMANTU BILLAHI SUMMA ISTAQIM KARYA KH. ABDUL MUCHITH DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN TAUHID DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 BANTUL

Dida Satria Permana, NIM.: 14410173 (2021) KONSEP TAUHID DALAM KITAB QUL AMANTU BILLAHI SUMMA ISTAQIM KARYA KH. ABDUL MUCHITH DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN TAUHID DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP TAUHID DALAM KITAB QUL A<MANTU BILLA<HI S|UMMA ISTAQIM KARYA KH. ABDUL MUCHITH DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN TAUHID DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 BANTUL)
14410173_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KONSEP TAUHID DALAM KITAB QUL A<MANTU BILLA<HI S|UMMA ISTAQIM KARYA KH. ABDUL MUCHITH DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN TAUHID DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 BANTUL)
14410173_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah meskipun tauhid diajarkan dalam Pendidikan Agama Islam di madrasah aliyah ternyata hal tersebut belum terlalu berdampak signifikan terhadap pemahaman tauhid pada siswa lulusan Madrasah Aliyah Negeri 3 Bantul. Kami masih menjumpai banyak siswa yang belum memahami bahkan belum mengetahui hakikat Iman dan Islam. Padahal hakikat iman dan Islam sangat perlu untuk diketahui oleh siswa madrasah aliyah supaya kedepan mereka bisa memahami tauhid secara benar. Skripsi yang penulis susun ini termasuk jenis penelitian kepustakaan (library research). Sumber data dalam penulisan skripsi ini adalah sebuah kitab karya KH. Abdul Muchith yang berjudul Qul A<mantu Billa<hi S|umma Istaqim. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode deskriptif- analisis dengan menggunakan seperangkat kaidah yang sistematik untuk membantu secara efektif dalam mengumpulkan sumber-sumber dan menilainya secara kritis. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat relevansi antara konsep tauhid yang ada di dalam Kitab Qul A<mantu Billa<hi S|umma Istaqim dengan pembelajaran tauhid yang telah berlangsung di Madrasah Aliyah Negeri 3 Bantul baik dalam materi, metode, maupun tujuannya. Materi tauhid dalam Kitab Qul A<mantu Billa<hi S|umma Istaqim yang dapat ditambahkan pada materi tauhid di Madrasah Aliyah Negeri 3 Bantul antara lain: hakikat iman dan Islam, penggunaan dalil aqli dalam menjelaskan sifat wajib, jaiz, dan mustahil bagi Allah, dan Al Ihsan. Kata Kunci: Konsep Tauhid, Kitab Qul A<mantu Billa<hi S|umma Istaqim, KH. Abdul

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Sangkot Sirait, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Konsep Tauhid, Kitab Qul A<mantu Billa<hi S|umma Istaqim, KH. Abdul Muchith, Relevansi.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Islam dan Pemikiran
Tauhid
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Jan 2022 14:13
Last Modified: 13 Jan 2022 14:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48461

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum