IMPLEMENTASI METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM PEMBELAJARAN AL-AJRUMIYYAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SANTRI PONDOK PESANTREN AL-FADHILAH MAGUWOHARJO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020/2021

Dwi Rahmawati, NIM.: 16420023 (2021) IMPLEMENTASI METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM PEMBELAJARAN AL-AJRUMIYYAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SANTRI PONDOK PESANTREN AL-FADHILAH MAGUWOHARJO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM PEMBELAJARAN AL-ĀJRŪMIYYAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SANTRI PONDOK PESANTREN AL-FADHILAH MAGUWOHARJO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020/2021)
16420023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM PEMBELAJARAN AL-ĀJRŪMIYYAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SANTRI PONDOK PESANTREN AL-FADHILAH MAGUWOHARJO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020/2021)
16420023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari rendahnya motivasi santri dalam belajar Al-Ājrūmiyyah yang ditunjukkan oleh beberapa indikator. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan dan pengaruh dari metode Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran Al-Ājrūmiyyah terhadap motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre-Experimental Designs tipe One-Group Pretest-Postest Design dengan objek penelitian metode Teams Games Tournament (TGT) dan subyek penelitian kelas Al-Ājrūmiyyah yang berjumlah 64 santri. Sedangkan untuk menganalisis data peneliti menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Uji hipotesis yang digunakan merupakan uji statistik non-parametrik yaitu dengan Uji Mann Whitney U Test. Hasil penelitian menunjukkan : pertama, implementasi metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran Al-Ājrūmiyyah meliputi a) persiapan pembelajaran seperti menyiapkan lembar kerja, persiapan games dan tournament, b) pelaksanaan kegiatan pembelajaran berupa presentasi kelas dan diskusi kelompok, c) evaluasi atau pendalaman materi yakni pelaksanaan games, tournament dan teams recognize. Kedua, implementasi metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berpengaruh terhadap motivasi belajar Al-Ājrūmiyyah. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh nilai Asymp. Sig sebesar 0,000 < 0,05, hal itu menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara pra tindakan dan pasca tindakan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persentase motivasi belajar santri mengalami peningkatan pada pasca tinimplemendakan yakni dari 53,98% dengan kategori Cukup Termotivasi menjadi 77,7% dengan kategori Sangat Termotivasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Dudung Hamdun, M.Si
Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournament, Motivasi Belajar, Al-Ajrumiyyah
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Psikologi > Motivasi
Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Jan 2022 09:39
Last Modified: 14 Jan 2022 09:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48487

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum