PENGENALAN KONSEP BILANGAN UNTUK MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PERTIWI 10 IMOGIRI BANTUL YOGYAKARTA

Miftah Nurul Fatihah, NIM.: 16430006 (2021) PENGENALAN KONSEP BILANGAN UNTUK MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PERTIWI 10 IMOGIRI BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGENALAN KONSEP BILANGAN UNTUK MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PERTIWI 10 IMOGIRI BANTUL YOGYAKARTA)
16430006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGENALAN KONSEP BILANGAN UNTUK MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PERTIWI 10 IMOGIRI BANTUL YOGYAKARTA)
16430006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pengenalan konsep bilanagn sangat penting dikuasi oleh anak. Aspek Perkembangan Kognitif berkaitan erat dengan pengenalan konsep bilangan. Pada masa pandemi covid-19, guru dalam melaksanakan proses pembelajaran khususnya pengenalan konsep bilangan harus kreatif. Pengenalan Konsep bilangan merupakan dasar penguasaan konsep matematika selanjtnya. Tujuan penelitian mengkaji implementasi guru mengenalkan konsep bilangan untuk mengembangkan kognitif anak usia 4-5 tahun di TK Pertiwi 10 Imogiri. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu satu kepala sekolah, satu guru kelas, empat orang tua murid dan empat anak. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakuakan dengan model Miles dan Hibermen yaitu reduksi, data display, dan kesimpulan. Sedangkan untuk uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Petama, tahapan-tahapan pengenalan konsep bilangan untuk mengembangkan kognitif. Kedua, faktor pendudukung dan penghambat dalam mengenalkan konsep bilangan untuk mengembangkan kognitif. Ketiga, metode yang digunakan dalam mengenalkan konsep bilangan untuk mengembangkan kognitif di TK Pertiwi 10 Imogiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hibana, S.Ag, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Konsep Bilangan, Pengembangan, Anak Usia Dini.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Jan 2022 09:43
Last Modified: 14 Jan 2022 09:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48488

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum