PERAN GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEDISIPLINAN IBADAH SISWA DI MTs N 9 BANTUL PADA PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI COVID-19

Charisma Layyina, NIM.: 17104010048 (2021) PERAN GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEDISIPLINAN IBADAH SISWA DI MTs N 9 BANTUL PADA PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEDISIPLINAN IBADAH SISWA DI MTs N 9 BANTUL PADA PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI COVID-19)
17104010048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEDISIPLINAN IBADAH SISWA DI MTs N 9 BANTUL PADA PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI COVID-19)
17104010048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Pendidikan dalam Islam merupakan sebuah rangkaian proses pemberdayaan manusia menuju kedewasaan, untuk menjalankan fungsi kemanusiaan sebagai seorang hamba di hadapan Allah SWT. Tingkat pemahaman tentang Fiqih dapat berpengaruh pada praktek ibadah siswa, pemahaman agama yang tinggi akan lebih menyadarkan kewajiban terhadap ibadah hingga terbentuk sebuah kedisiplinan. Sejak adanya pandemi Covid-19 mulai memasuki Indonesia, menuntut pembelajaran dilaksanakan secara daring (pembelajaran jarak jauh) dan pembiasaan keagamaan di sekolah ditiadakan. Bukan hal yang mudah, kurangnya intensitas interaksi antar guru dan siswa menyebabkan kesulitan bahkan peningkatan rasa stres dan kejenuhan, serta berdampak pada penurunan motivasi belajar termasuk dalam pengamalannya. Berdasarkan hal tersebut, maka optimalisasi peran guru sangatlah diperlukan agar siswa dapat belajar dan menjalankan perintah agama dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran dan cara guru Fiqih dalam meningkatkan motivasi belajar dan kedisiplinan ibadah ketika pembelajaran daring masa pandemi Covid-19.serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) dengan jenis data kualitatif deskriptif. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Sedangkan analisis data pada penelitian ini dengan empat tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peranan guru Fiqih meningkatkan motivasi belajar dan kedisiplinan ibadah siswa MTs N 9 Bantul dalam pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 dilakukan guru dengan cara menggairahkan peserta didik dengan sapaan hangat, perhatian, mengirimkan lantunan kalimat toyyibah, sholawat, doa-doa, maupun lagu islami untuk membawa anak-anak dalam kondisi senang (Happy Student) sebelum menjalani pelajaran daring. Guru juga memberikan intensif berupa point, nilai dan pujian agar siswa termotivasi akan belajar dan selalu ingin menjadi yang terbaik. Guru sebagai pembimbing ketika pembelajaran daring dilakukan dengan mengarahkan, mengingatkan, memberikan perintah dan ajakan melakukan pembiasaan keagamaan, maupun dalam kegiatan belajar dan penyelesaian tugas. Guru sebagai evaluator melalui penugasan, rekapan presensi, keaktifan siswa, serta melakukan bekerja sama antara sekolah, guru, orang tua. 2) Faktor penghambat guru dalam penerapan perannya pada pembelajaran daring masa pandemi ini adalah keterbatasan kepemilikan gadged, masalah kuota dan jaringan sinyal, kurangnya pendampingan dan pengawasan, dan kejenuhan siswa karena. Adapun faktor pendukungnya adalah media pembelajaran yang memadai, waktu belajar yang lebih lama dan fleksibel, adanya pelatihan-pelatihan penunjang pembelajaran daring, adanya program-program unggul sekolah, dan mulai adanya bantuan kuota. Hal ini menunjukkan bahwa peran guru yang dominan dalam meningkatkan motivasi belajar dan kedisiplinan ibadah pada pembelajaran daring yakni, mendidik, memotivasi, membimbing dan mengevaluasi. Beberapa upaya sudah dilakukan dengan cukup baik, meskipun hasilnya belum optimal. Belum semua siswa memiliki motivasi yang tinggi dalam pembelajaran daring dan disiplin dalam penerapan pembiasaan kegiatan keagamaan madrasah. Adapun saran dalam peningkatan motivasi belajar dan kedisiplinan Ibadah siswa pada pembelajaran daring di MTs N 9 Bantul yakni metode dan model pembelajaran Fiqih untuk dibuat lebih bervariasi, serta pengadaan lembar pantauan ibadah dalam keseharian siswa dan selalu mengadakan perbaikan dari hasil evaluasi pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Munawwar Khalil, S.S., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Peranan Guru Fiqih, Motivasi Belajar, Kedisiplinan Ibadah, Pembelajaran Daring
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Covid-19
Hukum Islam > Fiqih
Psikologi > Motivasi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Jan 2022 11:40
Last Modified: 14 Jan 2022 11:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48509

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum