NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU SEBUAH SENI UNTUK BERSIKAP BODO AMAT KARYA MARK MANSON DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Bambang Bahrul Ulum, NIM.: 17104010091 (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU SEBUAH SENI UNTUK BERSIKAP BODO AMAT KARYA MARK MANSON DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU SEBUAH SENI UNTUK BERSIKAP BODO AMAT KARYA MARK MANSON DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
17104010091_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU SEBUAH SENI UNTUK BERSIKAP BODO AMAT KARYA MARK MANSON DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
17104010091_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Di balik kemajuan teknologi yang semakin mempermudah urusan manusia, di sisi lain ada dampak negatif yang ditimbulkan. Melalui internet dan media sosial aliran-aliran yang berseberangan dengan ideologi bangsa ini kini telah menunjukan eksistensinya, seperti aliran-aliran radikal, liberal, komunisme, hingga terorisme yang menjadikan kampanyenya semakin berkembang. Pendidikan formal perlu menyiapkan sumber belajar yang tepat bagi peserta didik agar penanaman pendidikan karakter mampu terbentuk dengan baik. Salah satu alternatif bahan ajar di pendidikan formal adalah buku-buku bertema pengembangan diri. Buku Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat termasuk ke dalam tema tersebut. Buku ini dapat menjadi solusi atas permasalahan-permasalahan yang banyak dihadapai kaum milenial di era saat ini seperti keterbukaan media sosial yang dapat menimbulkan stres, pesimis pada perkembangan diri sendiri, standar hidup yang terlalu tinggi di lingkungannya, dan tidak mempunyai tujuan hidup. Skripsi ini termasuk ke dalam penelitian kepustakaan dengan menggunakan pendekatan psikologis. Sumber penelitian berasal dari buku Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat karya Mark Manson yang diterbitkan pada tahun 2018 dan sumber-sumber pendukung lainnya. Metode dokumentasi diambil sebagai metode pengumpulan datanya. Dan metode analisis konten peneliti pilih sebagai metode analisis datanya. Hasil penelitian dari skripsi ini menunjukan bahwa: 1) Nilai pendidikan karakter dalam buku Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat di antaranya: a) karakter religius, b) karakter jujur, c) karakter kerja keras, d) karakter demokratis, e) karakter rasa ingin tahu, f) karakter semangat kebangsaan, g) karakter menghargai prestasi, h) karakter bersahabat/komunikatif, i) karakter gemar membaca, j) karakter peduli sosial, k) karakter bertanggung jawab, 2) Relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat dengan pendidikan agama Islam di antaranya:a) telah sesuai dan relevan dengan tujuan pendidikan agama Islam yaitu dalam tujuan untuk menumbuhkan akhlak yang mulia, b) telah relevan dengan memuat materi pendidikan agama Islam yaitu tentang pendidikan akhlak, c) telah relevan dengan menggunakan metode-metode yang relevan dengan pendidikan agama Islam seperti: metode keteladanan, dan metode kisah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Moch. Fuad, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Pendidikan Agama Islam, Sinopsis Buku
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Resensi Buku
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 14 Jan 2022 14:15
Last Modified: 14 Jan 2022 14:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48517

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum