ANALISIS KONSEP KECERDASAN EMOSIONAL (DALAM BUKU TERJEMAHAN DANIEL GOLEMAN) YANG TERKANDUNG DALAM TERJEMAHAN KITAB WASHIYATUL MUSTOFA KARANGAN SYAIKH ABDUL WAHHAB ASY-SYA’RANI

Rizki Nur Malita Sari, NIM.: 17104010103 (2021) ANALISIS KONSEP KECERDASAN EMOSIONAL (DALAM BUKU TERJEMAHAN DANIEL GOLEMAN) YANG TERKANDUNG DALAM TERJEMAHAN KITAB WASHIYATUL MUSTOFA KARANGAN SYAIKH ABDUL WAHHAB ASY-SYA’RANI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KONSEP KECERDASAN EMOSIONAL (DALAM BUKU TERJEMAHAN DANIEL GOLEMAN) YANG TERKANDUNG DALAM TERJEMAHAN KITAB WASHIYATUL MUSTOFA KARANGAN SYAIKH ABDUL WAHHAB ASY-SYA’RANI)
17104010103_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KONSEP KECERDASAN EMOSIONAL (DALAM BUKU TERJEMAHAN DANIEL GOLEMAN) YANG TERKANDUNG DALAM TERJEMAHAN KITAB WASHIYATUL MUSTOFA KARANGAN SYAIKH ABDUL WAHHAB ASY-SYA’RANI)
17104010103_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kecerdasan emosional memiliki urutan kedua dalam undang-undang sistem pendidikan nasional setelah spiritual keagamaan, yang berarti bahwa kecerdasan emosional memiliki kedudukan yang penting untuk dikembangkan. Salah satu sumber pendidikan Islam adalah sunnah, dalam hal ini adalah yang diuraikan dalam kitab. Kitab Washiyatul Mustafa merupakan kitab yang menjelaskan tentang wasiat atau pesan Nabi Muhammad SAW kepada sahabat Ali bin Abi Thalib ini merupakan kitab karangan Syaikh Abdul Wahhab Asy-Sya’rani. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan terjemahan Kitab Washiyatul Mustafa karangan Achmad Sunarto. Penelitian ini bertujuan mengkaji konsep kecerdasan emosional Daniel Goleman (dalam buku terjemahannya) yang terkandung dalam terjemahan kitab Washiyatul Mustafa. Untuk itu maka kecerdasan emosional Goleman (dalam terjemahannya) yang terkandung dalam kitab Washiyatul Mustafa ini menarik untuk dibahas. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian bagaimana konsep kecerdasan emosional Goleman (dalam buku terjemahannya) yang terkandung dalam terjemahan kitab Washiyatul Mustafa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, menggunakan berbagai sumber kepustakaan dalam pengumpulan data. Sumber yang digunakan adalah terjemahan kitab Washiyatul Mustafa, terjemahan buku karya Daniel Goleman dan sumber-sumber terkait lainnya. Objek penelitian ini adalah kecerdasan emosional dalam terjemahan kitab Washiyatul Mustafa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, yakni menggumpulkan dokumen atau karya-karya yang relevan dengan judul penelitian ini yang kemudian ditarik kesimpulan unttuk mendapatkan hasil. Teknik analisis data yang dilakukan adalah penyeleksian data untuk mengetahui ide atau gagasan dari penulis buku-buku yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan Pertama, kecerdasan emosional dalam kitab Washiyatul Mustafa dapat diklasifikasikan menjadi lima kategori, yakni muhasabah diri/kesadaran diri, mengelola amarah, wara’, shadaqah serta kebaikan dan keburukan, dan tanda-tanda kebaikan . Kedua, dalam relevansi antara kitab Washiyatul Mustafa dengan buku karya Daniel Goleman secara garis besar memiliki kesamaan pada tujuan yaitu untuk membentuk kecerdasan emosional yang lebih baik. Ketiga perbedaan pada kedua sumber tersebut yaitu dalam kitab Washiyatul Mustafa lebih ditekankan kepada pengaplikasian ibadah dan nilai spiritualitas ketuhanan yang berdampak pada pembiasaan akhlakul karimah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Eva Latipah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Terjemahan Kitab Washiyatul Mustafa, Terjemahan Buku Daniel Goleman
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Islam dan Pemikiran
Buku
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 14 Jan 2022 14:26
Last Modified: 14 Jan 2022 14:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48519

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum