EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA RUANGKELAS BY RUANGGURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTSN 1 TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2020/2021

Khalimatus Sakdiyah, NIM.: 17104020016 (2021) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA RUANGKELAS BY RUANGGURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTSN 1 TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA RUANGKELAS BY RUANGGURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTSN 1 TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2020/2021)
17104020016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA RUANGKELAS BY RUANGGURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTSN 1 TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2020/2021)
17104020016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pembelajaran jarak jaub (online) yang dilaksanakan di MTsN 1 Trenggalek pada tahun ajaran 2020/2021 akibat adanya pandemi Covid-19. Hal ini mengakibatkan adanya kesulitan siswa kelas VIII terutama dalam aspek pembelajaran bab peng-‘iroban. Dalam kondisi demikian, sistem pembelajaran melalui RuangKelas menjadi salah satu alternatif yang digunakan oleh pihak sekolah dalam menunjang proses pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif melalui desain penelitian eksperimen true-eksperimental “pretest-posttest control group design”. Sedangkan, teknik sampling yang digunakan adalah random sampling, yakni siswa kelas VIII MTsN 1 Trenggalek yang diambil tiga kelas sebagai kelas eksperimen, kelas kontrol, dan kelas uji coba. Kemudian teknik perolehan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan konsep tes pilihan ganda, dan teknik analisis data dilakukan melalui uji-T. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa penggunaan RuangKelas dianggap lebih efektif dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan hasil peningkatan nilai pre-test dengan nilai rata-rata 79.354 dan posttest dengan nilai ratarata 89.032. Peningkatan hasil nilai dari proses pembelajaran RuangKelas mencapai angka 9.678, sedangkan melalui Whatsapp mencapai angka 66.187 dan posttest 71.750 dengan jumlah total nilai hanya mencapai angka nilai 5.563.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs Dudung Hamdun, M.Si
Uncontrolled Keywords: Mtsn 1 Trenggalek, Ruangkelas, Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Jan 2022 15:00
Last Modified: 14 Jan 2022 15:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48526

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum