IMPLEMENTASI METODE MIM-MEM PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI PEMULA DI KELAS VIII MTs AS-SHALATIYAH DANAU SEMBULUH TAHUN AJARAN 2020/2021

Indah Agustyawati, NIM.: 17104020062 (2021) IMPLEMENTASI METODE MIM-MEM PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI PEMULA DI KELAS VIII MTs AS-SHALATIYAH DANAU SEMBULUH TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE MIM-MEM PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI PEMULA DI KELAS VIII MTs AS-SHALATIYAH DANAU SEMBULUH TAHUN AJARAN 2020/2021)
17104020062_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE MIM-MEM PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI PEMULA DI KELAS VIII MTs AS-SHALATIYAH DANAU SEMBULUH TAHUN AJARAN 2020/2021)
17104020062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi metode pembelajaran Mim-Mem pada pembelajaran bahasa Arab bagi pemula di kelas VIII MTs As-Shalatiyah Danau Sembuluh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan 3 metode, yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode observasi digunakan untuk mengamati bagaimana pembelajaran bahasa Arab di kelas VIII MTs As-Shalatiyah Danau Sembuluh. Metode wawancara digunakan untuk mengetahui implementasi metode Mim-Mem beserta faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam penerapannya dilapangan. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data-data yang berkaitan dengan Madrasah. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Implementasi metode mim-mem bagi pemula dilakukan dalam beberapa tahap, antara lain a) Appersepsi, b) Guru menyebutkan kosakata yang akan diajarkan, c) Guru meminta siswa untuk menirukan/melafalkan kembali ucapan guru, d) Guru menunjuk beberapa siswa untuk mengecek pelafalan mereka dengan memberikan pertanyaan seputar materi dengan kosakata yang telah mereka hafal, e) Guru memberikan waktu bagi siswa-siswa yang lain untuk mengoreksi bacaan siswa sebelumnya, f) Guru memberikan kesimpulan dan meminta siswa untuk menghafalkannya pada pertemuan yang akan datang. Faktor pendukung pembelajaran berupa buku pelajaran dan smartphone yang digunakan untuk mengakses informasi tentang bahasa Arab. Sedangkan faktor penghambat pembelajaran berupa latar pendidikan siswa, lingkungan yang kurang mendukung, kurangnya perhatian wali murid, serta dorongan dari dalam diri siswa seperti tidak ada motivasi untuk ingin mengetahui bahasa Arab lebih jauh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Dudung Hamdun, M.Si
Uncontrolled Keywords: Metode Mim-Mem (Mimicry-Memorization), MTs As-Shalatiyah Danau Sembuluh, Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 14 Jan 2022 15:17
Last Modified: 14 Jan 2022 15:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48530

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum