IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DAN LURING PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS VII MTS AL-ISLAM KEDUNGREJA CILACAP TAHUN AJARAN 2020/2021

Fuad Meifudin, NIM.: 17104020069 (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DAN LURING PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS VII MTS AL-ISLAM KEDUNGREJA CILACAP TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DAN LURING PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS VII MTS AL-ISLAM KEDUNGREJA CILACAP TAHUN AJARAN 2020/2021)
17104020069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DAN LURING PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS VII MTS AL-ISLAM KEDUNGREJA CILACAP TAHUN AJARAN 2020/2021)
17104020069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran daring dan luring, bagaimana problematika yang terjadi, dan juga bagaimana solusi yang diterapkan sekolah dalam pembelajaran daring dan luring pada pelajaran bahasa Arab siswa kelas VII MTs Al-Islam Kedungreja Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus (case study) dengan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) proses pembelajaran bahasa Arab melelui sistem daring di kelas VII MTs Al-Islam Kedungreja menggunakan whatsapp group sebagai media pembelajaran dan pembelajaran luring dilaksanakan melalui pembagian shift (2) problematika pada pembelajaran daring yaitu berkaitan dengan sarana dan prasarana, kurangnya pemahaman orang tua maupun guru, ketidaksiapan guru maupun orang tua yang ditinjau dari segi waktu, media pembelajaran, Komunikasi, maupun biaya. Problematika yang terjadi pada pembelajaran luring yaitu mengenai pengadaan sarana dan protokol kesehatan, pembagian waktu atau jadwal dan juga penerapan social distancing (3) solusi yang dilaksanakan oleh MTs Al-Islam Kedungreja yaitu melaksanakan pembelajaran dengan satu minggu daring dan satu minggu luring. Metode ini dirancang untuk menyiasati penyampaian kurikulum agar tidak berbelit saat disampaikan kepada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Zainal Arifin Ahmad M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Sistem Daring dan Luring, Problematika
Subjects: Covid-19
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Jan 2022 15:20
Last Modified: 14 Jan 2022 15:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48531

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum