PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN ANAK MENGERJAKAN TUGAS DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 KELOMPOK B 1 TK ABA AS-SALAM SOROWAJAN BANGUNTAPAN BANTUL

Ziana Maulida Savira, NIM.: 17104030074 (2021) PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN ANAK MENGERJAKAN TUGAS DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 KELOMPOK B 1 TK ABA AS-SALAM SOROWAJAN BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN ANAK MENGERJAKAN TUGAS DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 KELOMPOK B 1 TK ABA AS-SALAM SOROWAJAN BANGUNTAPAN BANTUL)
17104030074_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN ANAK MENGERJAKAN TUGAS DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 KELOMPOK B 1 TK ABA AS-SALAM SOROWAJAN BANGUNTAPAN BANTUL)
17104030074_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Mengetahui keterbatasan guru dalam memberikan pengajaran selama pandemi Covid-19 yang mempengaruhi antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran daring berdampak pada kedisiplinan anak, oleh karena itu orang tua mempunyai peran penting dalam pendampingan belajar serta meningkatkan kedisiplinan anak dalam mengerjakan tugas selama belajar dari rumah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran yang dilakukan orang tua untuk meningkatkan kedisiplinan anak dalam mengerjakan tugas daring terpadu pada masa pandemi Covid-19 di TK ABA As-Salam Banguntapan Bantul. Penelitian merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Kelompok B1 dan orang tua/wali murid. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa 1) Kondisi kedisiplinan anak dalam mengerjakan tugas daring kelompok B1 TK ABA As-Salam cukup variatif, satu siswa masuk dalam kategori kedisiplinan tinggi, dua siswa masuk dalam kedisiplinan sedang, dan satu siswa masuk kategori kedisiplinan rendah. 2) Orang tua berperan sebagai pendidik, pembimbing, pengawas, motivator, serta fasilitator. terdapat berbagai macam cara yang dilakukan orang tua untuk meningkatkan kedisiplinan mengerjakan tugas daring yaitu dengan membuat aturan sederhana, rutin menginggatkan apa kewajibannya sebagai seorang siswa dalam hal ini belajar dan mengerjakan tugas daring, serta memberikan motivasi dan pengawasan 3) faktor penghambat seperti, sarana dan prasarana yang kurang memadai seperti handphone, kesibukan orang tua, rasa bosan yang dialami anak berdampak pada berkurangnya minat dalam belajar, serta senangnya anak dalam bermain. dan pendukung seperti, adanya kerjasama yang baik antara kedua orang tua, orang tua dapat lebih mengawasi anak, hubungan orang tua dan anak yang semakin dekat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Nadlifah, M.pd
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Kedisiplinan Anak, TK ABA As – Salam
Subjects: Covid-19
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 14 Jan 2022 15:38
Last Modified: 14 Jan 2022 15:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48535

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum