PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SMART DIGIGIO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KELAS VI SD/MI

Yunus Maulan Purnama, NIM.: 17104080052 (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SMART DIGIGIO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KELAS VI SD/MI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SMART DIGIGIO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KELAS VI SD/MI)
17104080052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SMART DIGIGIO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KELAS VI SD/MI)
17104080052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pengembangan multimedia interaktif pembelajaran matematika materi bangun ruang dan mengetahui kelayakan produk “Smart DIGIGIO” yang telah dikembangkan berdasarkan ahli materi dan ahli media serta respon dari peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan R&D (Research and Development). Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari beberapa tahap seperti analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket yang memiliki pengukuran skala likert untuk mengetahui penilaian dari ahli materi dan ahli media serta menggunakan angket dalam bentuk checklist untuk mengetahui respon peserta didik terhadap produk “Smart DIGIGIO” yang telah dikembangkan. Uji coba dilakukan terhadap subjek uji coba kelompok kecil yaitu dilakukan kepada 14 peserta didik kelas VI. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil data penilaian dari para ahli dijumlahkan untuk masing-masing kriteria penilaian kemudian dipersentasekan sehingga diketahui kelayakan produk yang dikembangkan. Hasil penelitian pengembangan multimedia interaktif pembelajaran matematika materi bangun ruang berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media memperoleh rata-rata presentase skor mencapai 82,75% dan termasuk dalam kategori “Layak”. Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa “Pengembangan Multimedia Interaktif Smart DIGIGIO Untuk Meningkatkan Pemahaman Konseptual Pada Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Kelas VI SD/MI” yang telah dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Endang Sulistyowati, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Smart DIGIGIO, Pembelajaran Matematika
Subjects: Matematika
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Jan 2022 14:22
Last Modified: 17 Jan 2022 14:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48570

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum