HOMOSEKSUALITAS MENURUT AL-QUR’AN PENAFSIRAN ATAS AYAT-AYAT KISAH KAUM NABI LUTH (APLIKASI TEORI PENAFSIRAN HERMENEUTIKA JORGE J.E. GRACIA)

Sofiyyatun Nafi'ah, NIM.: 14530073 (2019) HOMOSEKSUALITAS MENURUT AL-QUR’AN PENAFSIRAN ATAS AYAT-AYAT KISAH KAUM NABI LUTH (APLIKASI TEORI PENAFSIRAN HERMENEUTIKA JORGE J.E. GRACIA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HOMOSEKSUALITAS MENURUT AL-QUR’AN PENAFSIRAN ATAS AYAT-AYAT KISAH KAUM NABI LUTH (APLIKASI TEORI PENAFSIRAN HERMENEUTIKA JORGE J.E. GRACIA))
14530073_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA1.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (HOMOSEKSUALITAS MENURUT AL-QUR’AN PENAFSIRAN ATAS AYAT-AYAT KISAH KAUM NABI LUTH (APLIKASI TEORI PENAFSIRAN HERMENEUTIKA JORGE J.E. GRACIA))
14530073_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Homoseksual adalah penyimpangan seksual yang pernah dilakukan oleh kaum Nabi Luth. Homoseksual kembali ramai diperbincangkan masyarakat Indonesia, setelah banyak di antara kaum homoseksual yang menginginkan pemerintah melegalkan orientasi seksual mereka. Namun muncul juga problem lain yakni adanya perilaku diskriminasi terhadap kaum homoseksual dengan dengan menggunakan ayat-ayat tentang kisah kaum Nabi Luth. Dari sini tampak seakan hukum Islam menindas kaum homoseksual tanpa memberikan kesempatan kaum homoseksual untuk menyuarakan keluh kesah mereka. Problem inilah yang seharusnya diluruskan, Islam bukanlah menindas, mendiskriminasi, maupun menghakimi. Namun memberikan arahan menuju seksualitas yang benar sesuai dengan tujuan disyariatkannya. Pendekatan Hermeneutika Jorge J.E. Gracia menjadi pilihan penulis untuk menggali pesan Al-Qur‟an terkait tentang ayat-ayat kisah kaum Nabi Luth. Dengan menggunakan pendekatan ini ditemukan hasil. Pertama, dari fungsi historis dijelaskan bahwa masyarakat arab pernah melakukan praktik homoseksual. Kedua, fungsi pengembangan makna, ditemukan bahwa setelah dilihat dari kajian historis makna yang dihasilkan adalah kewajiban menyalurkan syahwat sesuai dengan Sunnatullah. Ketiga, fungsi implikasi ditemukan bahwa ayat ini sangat relevan dengan keilmuan kesehatan, psikologi dan sosiologi. Dalam ranah kesehatan dijelaskan bahwa dampak dari praktik homoseksual adalah munculnya penyakit HIV/AIDS, yakni penyakit yang belum ditemukan pengobatannya. Sedangkan dalam keilmuan psikologis diketahui bahwa homoseksual memberikan efek gangguan saraf otak dan depresi mental, kemudian dalam lingkup sosiologi, pelaku homoseksual akan merasa dikucilkan, karena memiliki orientasi seksual yang berbeda dari masyarakat pada umumnya. Secara keseluruhan ayat-ayat tentang kisah kaum Nabi Luth merupakan perintah untuk menyalurkan dorongan syhawat sesuai dengan hukum sunnatullah. Dari 3 teori fungsi interpretasi yang ditawarkan oleh Gracia, penulis tidak memihak pada salah satu interpretasi, namun peneliti hanya memaparkan hasil penelitian dan diharapkan penelitian dapat memberikan wawasan penafsiran terhadap al-Qur‟an, terutama ayat yang berkaitan dengan homoseksual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Phil. Sahiron, M.A.
Uncontrolled Keywords: homoseksualitas; kisah kaum Nabi Luth; Makkiyah;
Subjects: Tafsir Al-Qur'an
al Qur'an > Hermeneutika Al Qur'an
Tafsir Al-Qur'an > Kisah dalam Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 16 Feb 2022 15:50
Last Modified: 16 Feb 2022 15:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49032

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum