PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI OPTIMALISASI POTENSI OTAK KANAN BAGI MAHASISWA LULUSAN SMA PADA PERGURUAN TINGGI ISLAM DI YOGYAKARTA

Dailatus Syamsiyah, NIM.12300016022 (2019) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI OPTIMALISASI POTENSI OTAK KANAN BAGI MAHASISWA LULUSAN SMA PADA PERGURUAN TINGGI ISLAM DI YOGYAKARTA. Doctoral thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI OPTIMALISASI POTENSI OTAK KANAN BAGI MAHASISWA LULUSAN SMA PADA PERGURUAN TINGGI ISLAM DI YOGYAKARTA)
12300016022_BAB-I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI OPTIMALISASI POTENSI OTAK KANAN BAGI MAHASISWA LULUSAN SMA PADA PERGURUAN TINGGI ISLAM DI YOGYAKARTA)
12300016022_BAB-II_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan varian model pembelajaran Bahasa Arab dengan cara mengoptimalkan peran otak kanan dalam prakteknya. Penelitian dan pengembangan ini dilatar belakangi oleh realitas akseptabilitas mata kuliah Bahasa Arab bagi mahasiswa PTKI yang berasal dari lulusan SMA/SMK.Hasil riset menunjukkan bahwa mata kuliah bahasa Arab tidak diminati, bahkan ditakuti oleh sebagian besar mahasiswa PTKI yang berasal dari lulusan SMA/SMK. Bagi mereka bahasa Arab tidak terlalu diperlukan dalam komunikasi sehari-hari, bahasa Arab hanya digunakan pada saat sholat saja yang bacaannya sudah dihafalkan sejak masih kanak-kanak. Tulisan Arab juga sangat berbeda dengan tulisan latin sehingga susah dimengerti. Bahasa Arab juga “kurang popular” karena tidak bisa dipakai untuk berbicara dengan wisatawan asing yang didominasi oleh penduduk Amerika dan Eropa, sedangkan wisatawan yang berasal dari negeri yang berbahasa Arab sangat sedikit.Bahasa Arab tidak seperti bahasa Inggris yang menjadi bahasa komunikasi dunia internasional. “Laboratorium hidup” bahasa Arab susah ditemukan khususnya di Yogyakarta, dimana laboratorium untuk praktek berbahasa inggris tersebar mewujud sebagai kampung-kampung turis di tiap sudut kota. Bahasa Arab –dalam persepsi sebagian besar mahasiswa lulusan SMA- berbeda dengan Al-Quran, sehingga tidak perlu belajar bahasa Arab, yang penting bisa membaca Al-Quran yang jelas-jelas bernilai ibadah. Penelitian ini berusaha menemukan dan mengembangkan model pembelajaran bahasa Arab yang menyenangkan, santai tapi fokus, dan tepat sasaran dengan cara mengaktifkan fungsi otak kanan peserta belajar yaitu mahasiswa yang berasal dari lulusan SMA/SMK. Term “menyenangkan” dimaksudkan bahwa metode yang diterapkan diharapkan dapat menarik minat mahasiswa untuk belajar Bahasa Arab, hal ini untuk mengeliminasi persepsi bahwa Bahasa Arab itu sulit dan menakutkan. Term “santai tapi fokus” dimaksudkan bahwa penerapan model tidak mensyaratkan peserta belajar melakukan aktifitas-aktifitas yang berat, tidak perlu berpikir keras, tidak perlu ada ketergesa-gesaan untuk segera xii memahami materi, tidak perlu kritis tetapi tetap fokus pada materi yang disampaikan. Sedangkan term “tepat sasaran” diharapkan metode ini mampu membantu mahasiswa mendapatkan paling tidak 2 dari 4 kompetensi kemahiran berbahasa yaitu mahārah al-istimāʻ (keterampilan mendengar),mahārah al-kalām(keterampilan berbicara), mahārah al-qirā’ah (keterampilan membaca), dan mahārah al-kitābah(keterampilan menulis). Penelitian ini merupakan model penelitian dan pengembangan (research and development,/R & D) yang bertujuan untuk menghasilkan produk. Tahapan R & D mengikuti 10 tahapan alur Borg & Gall yaitu :research and information collecting, planning, develop preliminary form of product,preliminary field testing, main product revision, main field testing, operational product revision, operational field testing, final product revision, dan dissemination. Penelitian ini menitikberatkan; pada peneliti sebagai peneliti sekaligus pengembang; pengambilansample sumber data secara purposive sampling; teknik pengumpulan data dengan trianggulasi; dan analisis data bersifat deduktif-kuantitatif. Tahapan-tahapan prosesnya berhubungan dengan siklus R&D yang disarankan Borg&Gall yaitu terdiri dari temuan-temuan penelitian yang berkaitan dengan produk yang dikembangkan, pengembangan produk berdasarkan temuan-temuan, uji coba di lapangan, dilanjutkan dengan revisi produk untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ditemukan pada saat uji coba di lapangan. Siklus tersebut akan diulang, hingga data uji coba di lapangan dapat mendefinisikan tujuan. Hasil penelitian dan pengembangan produk ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan terbukti efektif untuk diimplementasikan. Data hasil uji coba produk menunjukkan bahwa penerapan model berpengaruh positif pada peningkatan kompetensi bahasa Arab mahasiswa yang ditunjukkan oleh rata - rata skor post test 84,02 pada kelompok treatment 1 dan 85,43 pada kelompok treatment 2. Penghitungan menggunakan uji t dengan tingkat signifikansi 5% diperoleh nilai t hitung kelompok treatment 1 sebesar 3,592 lebih besar dari t tabel 1,666 (3,592 > 1,666), demikian pula pada kelompok treatment 2 nilai t hitung 6,139 lebih besar dari t tabel 1,677 (6,139 > 1,677). Hal ini menunjukkan xiii bahwa model cukup signifikan dan memberi pengaruh yang positif pada kemampuan subyek dalam materi bahasa Arab, karena terbukti secara statistic nilai signifikansi t> 0,05, dengan demikian hipotesis null (Ho) ditolak, dan Ha diterima. Meskipun hasil uji keterterimaan model pada diri individu mahasiswa menunjukkan taraf “kurang” yang ditunjukkan oleh hasil tabulasi angket bahwa tidak satu mahārah pun yang mampu dikuasai 100% oleh mahasiswa, namun secara statistic hipotesis menunjukkan bahwa model yang dikembangkan terbukti efektif dan layak untuk diterapkan secara luas. Model pembelajaran yang dikembangkan ini mendapatkan respon dan apresiasi yang positif dari peserta diseminasi produk yang diselenggarakan pada tanggal 27 Juli 2018 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta terintegrasi dengan forum Dauroh Dauroh Al-‘Arabiyyah li gairin nāṭiqīna bihā yang diselenggarakan oleh IMLA cabang Yogyakarta bekerjasama dengan PBA UMY pada 26-28 Juli 2018. Diseminasi diikuti oleh peserta dauroh yang terdiri dari dosen, guru, mahasiswa pascasarjana, pengasuh pesantren dan pegiat bahasa Arab di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Apresiasi dan rekomendasi dari peserta diseminasi produk dapat disarikan sebagai berikut; pertama, produk adalah varian baru dalam model pembelajaran di kelas bahasa sehingga patut untuk dicoba; kedua, produk menuntut guru/pengajar -sebagai pemegang otoritas di kelas- harus selalu meng upgrade kemampuannya dalam mengajar; ketiga, bahwa produk memungkinkan untuk diterapkan pada anak usia dini dalam mengenalkan bahasa Arab lebih awal;keempat, bahwa produk perlu dicoba praktekkan di tempat tugas peserta nantinya dan perlu disosialisasikan melalui kegiatan workshop khusus untuk pengajar bahasa Arab yang akan menggunakan produk dalam kelas pembelajaran bahasa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: Promotor : 1. Prof. Dr. H. Maragustam, M.A 2. Dr. Muqowim, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Otak Kanan.
Subjects: Studi Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Study Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 04 Feb 2022 15:36
Last Modified: 04 Feb 2022 15:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49109

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum