PERBANDINGAN KESANTUNAN TUTURAN NASKAH DRAMA SIRR SYAHRAZAD KARYA ALI AHMAD BAKTSIR DAN NASKAH DRAMA SYAHRAZAD KARYA TAUFIQ AL-HAKIM

Muhammad Mahbub Junaidi, NIM.: 18201010028 (2021) PERBANDINGAN KESANTUNAN TUTURAN NASKAH DRAMA SIRR SYAHRAZAD KARYA ALI AHMAD BAKTSIR DAN NASKAH DRAMA SYAHRAZAD KARYA TAUFIQ AL-HAKIM. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBANDINGAN KESANTUNAN TUTURAN NASKAH DRAMA SIRR SYAHRAZAD KARYA ALI AHMAD BAKTSIR DAN NASKAH DRAMA SYAHRAZAD KARYA TAUFIQ AL-HAKIM)
18201010028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PERBANDINGAN KESANTUNAN TUTURAN NASKAH DRAMA SIRR SYAHRAZAD KARYA ALI AHMAD BAKTSIR DAN NASKAH DRAMA SYAHRAZAD KARYA TAUFIQ AL-HAKIM)
18201010028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Tesis ini berjudul “Perbandingan Kesantunan Tuturan Naskah Drama Sirr Syahrazad karya Ali Ahmad Bakatsir dan Naskah Drama Syahrazad karya Taufiq al-Hakim”. Tesis ini mengkaji perbandingan tuturan kesantunan di dalam naskah drama Sirr Syahrazad karya Ali Ahmad Bakatsir dan naskah drama Syahrazad karya Taufiq al-Hakim ditinjau dari maksim kesantunan dan strategi kesantunan. Kemudian dalam menganalisis tuturan menggunakan teori kesantunan Leech dan strategi kesantunan Brown dan Levinson. Penentuan dua naskah drama tersebut karena keduanya sama-sama mengandung tutran kesantunan yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pematuhan maupun pelanggaran diantara naskah drama Sirr Syahrazad karya Ali Ahmad Bakatsir dan naskah drama Syahrazad karya Taufiq al-Hakim dan mengetahui perbandingan strategi kesantunan diantara kedua naskah drama tersebut. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif. Peneliti melakukan analisis terhadap semua tuturan kesantunan yang terdapat di dalam kedua naskah. Analisis yang dilakukan peneliti menghasilkan beberapa point. Diantaranya, Pertama, kedua naskah memiliki tuturan pematuhan maupun pelanggaran pada setiap maksim kesantunan namun tuturan kesantunan lebih beragam pada naskah karya Ali Ahmad Bakatsir. Kedua, strategi kesantunan langsung tanpa basa-basi terjadi pada kedua naskah namun pada keduanya tidak terlihat sebuah perbedaan. Ketiga, strategi kesantuan positif didalam kedua naskah mengandung strategi ini. Terdapat sub-strategi yang terdapat pada keduanya dan sub-strategi yang hanya pada salah satu naskah saja. Namun pada strategi ini lebih variatif sub-strategi pada naskah karya Ali Ahmad bakatsir. Keempat, strategi kesantuan negatif didalam kedua naskah mengandung strategi ini. Terdapat sub-strategi yang terdapat pada keduanya dan sub-strategi yang hanya pada salah satu naskah saja. Namun pada strategi ini lebih variatif sub-strategi pada naskah karya Ali Ahmad bakatsir. Kelima, strategi kesantuan tidak langsung didalam kedua naskah mengandung strategi ini. Terdapat sub-strategi yang terdapat pada keduanya dan sub-strategi yang hanya pada salah satu naskah saja. Namun pada strategi ini lebih variatif sub-strategi pada naskah karya Taufiq al-Hakim.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ubaidillah, S.S. M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Naskah Drama, Ali Ahmad Bakatsir, Taufiq al-Hakim, Perbandingan Tuturan.
Subjects: Kesusastraan Arab > Bahasa dan Sastra Arab - Analisis Teks
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S2)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 18 Feb 2022 13:01
Last Modified: 18 Feb 2022 13:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49390

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum