MANAJEMEN PONDOK PESANTREN AL–ISHLAH PACIRAN LAMONGAN JAWA TIMUR (Studi Atas Fungsi Organizing dan Controlling) TAHUN 2019-2020

Ifadatul Ma’rifah, NIM.: 17102040092 (2021) MANAJEMEN PONDOK PESANTREN AL–ISHLAH PACIRAN LAMONGAN JAWA TIMUR (Studi Atas Fungsi Organizing dan Controlling) TAHUN 2019-2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PONDOK PESANTREN AL–ISHLAH PACIRAN LAMONGAN JAWA TIMUR (Studi Atas Fungsi Organizing dan Controlling) TAHUN 2019-2020)
17102040092_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PONDOK PESANTREN AL–ISHLAH PACIRAN LAMONGAN JAWA TIMUR (Studi Atas Fungsi Organizing dan Controlling) TAHUN 2019-2020)
17102040092_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya tindakan tidak disiplin atas peraturan yang telah dibuat yang dilakukan oleh pengurus dan santri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana manajemen Pondok Pesantren Al-Ishlah (studi atas fungsi organizing dan controlling) tahun 2019-2020. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen Pondok Pesantren yang berkaitan dengan fungsi pengorganisasian (organizing) dan fungsi pengawasan (controlling) di Pondok Pesantren Al-Ishlah paciran Lamongan tahun 2019-2020. Teori yang digunakan dalam oganizing (pengorganisasian) adalah teori pengorganisasian dari Hani Handoko bahwa dalam upaya untuk mencapai tujuan dari sebuah organisasi secara efektif dan efesisen, terdapat tiga point penting yang harus dilakukan yaitu: pembagian kerja, departementalisasi (pengelompokan pekerjaan), dan koordinasi. Adapun dalam controlling (pengawasan), menggunakan sifat atau ciri pengawasan yang dikemukakan oleh Widiarti Kristina sebagai bentuk implementasi dari pengawasan yang dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah ustadzah, pengurus, dan santri Pondok Pesantren Al-Ishlah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview (wawancara), dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis menurut Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik pengumpulan data dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pondok pesantren di Pondok Pesantren Al-Ishlah tergolong cukup baik. Hal tersebut terlihat dari terbentuknya organisasi santri yang personelnya mampu untuk saling kerja sama dalam menjalankan tugas, meskipun masih terdapat kendala di dalamnya. Adapun pengawasan yang dilakukan oleh para ustasdzah dan pengurus, perlu adanya peningkatan koordinasi antar pihak untuk memerikan pengawasan yang optimal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Achmad Muhammad M.Ag.
Uncontrolled Keywords: organizing; pondok pesantren; controlling;
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 Feb 2022 09:05
Last Modified: 22 Feb 2022 09:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49525

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum