AL SHI'R "ASH'HAD AN LA IMRA'AH ILLA ANTI" LI NIZAR QOBBANI (DIRASAH TAHLILIYAH BUNYAWIYAH LI ROMAN INGARDEN)

Putri Aulia Oksalima, NIM.: 14110032 (2020) AL SHI'R "ASH'HAD AN LA IMRA'AH ILLA ANTI" LI NIZAR QOBBANI (DIRASAH TAHLILIYAH BUNYAWIYAH LI ROMAN INGARDEN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL SHI'R "ASH'HAD AN LA IMRA'AH ILLA ANTI" LI NIZAR QOBBANI (DIRASAH TAHLILIYAH BUNYAWIYAH LI ROMAN INGARDEN))
14110032_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (AL SHI'R "ASH'HAD AN LA IMRA'AH ILLA ANTI" LI NIZAR QOBBANI (DIRASAH TAHLILIYAH BUNYAWIYAH LI ROMAN INGARDEN))
14110032_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi berjudul Puisi “Aku Bersaksi Tiada Perempuan Selain Engkau” Karya Nizar Qabbani (Berdasarkan Teori Strukturalisme Roman Ingarden) dilatarbelakangi objek material dan objek formal. Dari sisi objek materialnya, Pemilihan puisi Aku Bersaksi Tiada Perempuan Selain Engkau pada tulisan ini, karena puisi ini menggunakan bahasa yang seringkali menghubungkan kisah cinta terhadap permasalahan sosial sehingga membuat para pembaca terkecoh. Dari sisi objek formalnya tulisan ini menggunakan teori strukturalisme Roman Ingarden, karena teori ini khusu mengkaji puisi. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan unsu-unsur norma yang terkandung dalam puisi ini. Berdasarkan teori strukturalisma Roman Ingarden, puisi terdiri dari beberapa lapis yaitu lapis bunyi, lapis arti, lapis hal-hal yang dikemukakan, lapis dunia, dan lapis metafisis. Pada penelitian ini, puisi "Aku Bersaksi Tiada Perempuan Selain Engkau" menjadi sumber data primernya dan teori Strukturalisme Roman Ingarden menjadi sumber data sekundernya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analis. Dengan menggunakan teori tersebut, skripsi ini menyatakan bahwa, lapis bunyi puisi ini yaitu penggunaan huruf lemah dan lebih lemah, untuk menunjukkan kesedihan dan penyesalan sedangkan penggunaan huruf mutawasith, huruf kuat, dan huruf lebih kuat untuk menunjukkan kuatnya kesaksian rasa cinta dan kasih sayang. Lapis makna pada puisi ini adalah tentang kisah cinta si penyair bersama seorang perempuan yang mana pada puisi ini merefleksikan kehidupan Nizar Qabbani sebagai tokoh aku dan Balqees istrinya sebagai tokoh si perempuan. Pada lapis ini penyair menggunakan penyisipan kata atau Iqtibas, majaz lughawi, majaz isti’arah, dan tasybih. Lapis objeknya adalah segala kesempurnaan seorang perempuan yang hanya dimiliki oleh Balqees seorang yang mampu melengkapi segala kelemahan Nizar. Lapis dunia yaitu mengenang dan mencurahkan rasa syukur atas dedikasi penuh ketulusan yang telah dilakukan Balqees selama hidupnya sebagai seorang istri. Lapis metafisisnya adalah kehadiran seorang istri yang sangat berarti dan berpengaruh kuat dalam kehidupan sang suami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Bermawy Munthe, M.A
Uncontrolled Keywords: Al Shi'r, Nizar Qobbani, Dirasah Tahliliyah Bunyawiyah, Roman Ingarden
Subjects: Kesusastraan Arab
Kesusastraan Arab > Bahasa dan Sastra Arab - Analisis Teks
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sherly Dwi Agustin
Date Deposited: 18 Apr 2022 14:16
Last Modified: 18 Apr 2022 14:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50251

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum