TARJAMAH AL MUQTATAFAT FI INSTAGRAM "MUTARJIM" WA "SASTRAARAB.COM" ILA AL INDUNISIYAH " (DIRASAH TAHLILIYYAH NAQDIYAH)

Anisa Isdiyanti, NIM.: 15110057 (2020) TARJAMAH AL MUQTATAFAT FI INSTAGRAM "MUTARJIM" WA "SASTRAARAB.COM" ILA AL INDUNISIYAH " (DIRASAH TAHLILIYYAH NAQDIYAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TARJAMAH AL MUQTATAFAT FI INSTAGRAM "MUTARJIM" WA "SASTRAARAB.COM" ILA AL INDUNISIYAH " (DIRASAH TAHLILIYYAH NAQDIYAH))
15110057 BAB I - BAB IV.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (TARJAMAH AL MUQTATAFAT FI INSTAGRAM "MUTARJIM" WA "SASTRAARAB.COM" ILA AL INDUNISIYAH " (DIRASAH TAHLILIYYAH NAQDIYAH))
15110057 BAB II - BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari sebuah masalah yang disebut sebagai masalah kesepadanan terjemah pada quotes Arab yang terdapat di akun instagram “sastra_Arab.com” dan “mutarjim”. Dalam penerjemahan quotes berbahasa Arab tersebut, admin menerjemahkan dengan cara menerjemah bebas. Karena admin yang sebagai penerjemah menerjemahkan secara bebas, maka terkadang menimbulkan perubahan atau pergeseran makna. Perubahan makna menyangkut banyak hal. Perubahan makna yang dimaksud meliputi: pelemahan, pembatasan, penggantian, penggeseran, perluasan dan juga kekaburan makna. Perubahan makna tersebut bisa terjadi karena perubahan kata dari bahasa lain (proses penerjemahan), seperti dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia. Perubahan makna juga bisa terjadi akibat perubahan lingkungan ataupun akibat pertukaran tanggapan indra dan akibat-akibat lainnya. Dalam penelitian ini akan diambil sampel 50 quotes dari akun instagram “sastra_Arab.com” dan 50 quotes dari akun istagram “mutarjim” berbahasa Arab dan terjemahannya. Data kemudian dianalis hasil penerjemahannya dan disimpulkan berdasarkan teori semantik tentang perubahan makna yang terjadi. Pengumpulan sampel quotes tersebut dianalisis untuk kemudian dikelompokkan berdasarkan perubahan dan pergeseran makna. Hasilnya dari seratus sampel quotes, terdapat 47 quotes yang terjadi perubahan, pergeseran, ataupun kehilangan makna. Hal itu dapat menyebabkan pembatasan makna, perluasan makna dan perpindahan makna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr.H Ibnu Burdah, S.Ag. M.A.
Uncontrolled Keywords: Quotes, Instagram, Kritik, Terjemah, Kesepadanan, Pergeseran
Subjects: Kesusastraan Arab
Kesusastraan Arab > Bahasa dan Sastra Arab - Analisis Teks
Media Sosial
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sherly Dwi Agustin
Date Deposited: 18 Apr 2022 14:20
Last Modified: 18 Apr 2022 14:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50256

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum