EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DENGAN CREATIVE EXERCISES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 SLEMAN PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Dearisma Sekar Widaddari, NIM.: 16670045 (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DENGAN CREATIVE EXERCISES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 SLEMAN PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DENGAN CREATIVE EXERCISES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 SLEMAN PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI LARUTAN PENYANGGA)
16670045_BAB I_BAB PENUTUP_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DENGAN CREATIVE EXERCISES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 SLEMAN PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI LARUTAN PENYANGGA)
16670045_BAB II SAMPAI_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Sleman kelas XI MIPA semester genap tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design yang bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Treffinger dengan Creative Exercises terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik secara kognitif dan afektif serta untuk mengetahui efektivitas model tersebut pada pembelajaran materi larutan penyangga. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Metode untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif secara kognitif adalah metode tes dengan instrumen yang digunakan, yaitu pretest dan posttest. Sedangkan metode untuk mengukur keterampilan sikap berpikir kreatif secara afektif adalah self assesment dengan instrumen yang digunakan yaitu angket skala sikap berpikir kreatif, lembar observasi dan lembar respon peserta didik. Teknik analisis data hasil tes berpikir kreatif baik secara kognitif maupun afektif menggunakan uji statistika nonparametric Mann-Whitney. Sedangkan analisis data lembar observasi dan lembar respon peserta didik menggunakan skor acuan penilaian. Selain itu, juga dilakukan analisis keterampilan berpikir kreatif pada setiap aspeknya, yang meliputi: berpikir lancar, berpikir luwes, xix berpikir orisinil dan berpikir elaboratif. Teknik analisis efektivitas model pembelajaran Treffinger dengan uji N-Gain. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik, baik secara kognitif mapun afektif. Hasil ini dibuktikan dengan diperoleh nilai sig. (2-tailed) < 0.05 pada uji statistika kemampuan berpikir kreatif secara kognitif dan afektif berturut-turut, sebesar 0,002 dan 0.034. Selain itu hasil dari uji N-Gain diperoleh nilai sebesar 89.94% yang artinya model pembelajaran Treffinger dengan Creative Exercises efektif diterapkan pada pembelajaran kimia. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran Treffinger dengan Creative Exercises mampu meningkatkan kemmapuan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muhammad Zamhari, S.Pd.Si, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: creative exercises; pembelajaran kimia; model pembelajaran Treffinger
Subjects: Kimia
Kimia > Kimia Analitis
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 19 Apr 2022 11:54
Last Modified: 19 Apr 2022 11:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50301

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum