IMPLEMENTASI PROGRAM LBQ (LIBURAN BERSAMA QUR' AN) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR' AN DI RUMAH TAHFIZ, NUR HIDAY AH BANTUL YOGYAKARTA

Rosmaltana Dewi, NIM.: 16410069 (2020) IMPLEMENTASI PROGRAM LBQ (LIBURAN BERSAMA QUR' AN) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR' AN DI RUMAH TAHFIZ, NUR HIDAY AH BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PROGRAM LBQ (LIBURAN BERSAMA QUR' AN) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAF AL AL-QUR' AN DI RUMAH T AHFIZ, NUR HIDAY AH BANTUL YOGYAKARTA)
16410069_BAB-I_IV-ATAU-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PROGRAM LBQ (LIBURAN BERSAMA QUR' AN) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAF AL AL-QUR' AN DI RUMAH T AHFIZ, NUR HIDAY AH BANTUL YOGYAKARTA)
16410069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa salah satu yang menjadi kebutuhan penghafal Al-Qur'an yakni adanya motivasi dalam menghafal Al­Qur'an. Meskipun motivasi intrinsik menjadi motivasi yang paling berpengaruh, namun dibutuhkan motivasi ekstrinsik. Rumah Tahfi? Nur Hidayah Bantul Y ogyakarta memiliki program unggulan khusus untuk masyarakat umum (bukan santri Nur Hidayah) yaitu dauroh Qur'an LBQ (Liburan Bersama Qur'an) dengan kegiatan menghafal Al-Qur'an, serta pemberian pengetahuan dan motivasi menghafal Al-Qur'an. Program LBQ diharapkan mampu menjadi wadah menghafal Al-Qur'an dan sarana meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur'an. Penelitian 1ru bertujuan untuk mendeskripsikan program LBQ dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur'an, mendeskripsikan metode menghafal Al-Qur'an yang digunakan, serta mendeskripsikan pencapaian tahfi? Al-Qur'an peserta program LBQ di Rumah Tahfi? Nur Hidayah Bantu} Y ogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, menyajikan data, dan kemudian menarik kesimpulan. Penelitian ini mengambil latar Rumah Tahfi? N ur Hiday ah Bantu! Y ogyakarta. Subjek penelitian ini adalah ketua yayasan Nur Hidayah Mandiri Sejahtera, pelaksana harian Rumah Tahfi? Nur Hidayah, pengurus Rumah Tahfi? Nur Hidayah, UstadzJUstadzah, dan peserta LBQ. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan program LBQ sudah terdapat kebijakan terkait teknis maupun susunan kegiatan mulai dari pre­test sampai pada penutupan program LBQ. Dari hasil wawancara maupun observasi, program LBQ mampu menjadi motivasi ekstrinsik bagi peserta LBQ dalam menghafal Al-Qur'an. Adapun faktor yang menumbuhkan motivasi menghafal Al-Qur'an yakni; tulusnya tekad dan kuatnya kehendak, bertahap, dan mengetahui keutamaan menghafal Al-Qur'an. Sedangkan, faktor penghambatnya yakni; kurangnya konsentrasi, menghafal dengan tergesa-gesa, dan penurunan semangat menghafal Al-Qur'an. 2) Metode menghafal Al-Qur'an yang digunakan pada program LBQ yakni metode wahdah dan sima'i. 3) Dari data hasil dokumentasi pencapaian tahfi? Al-Qur'an peserta LBQ, dapat diketahui bahwa hampir seluruh peserta LBQ baik putra maupun putri dengan target hafalan 1 juz selama program LBQ telah mencapai lebih dari separuh target hafalan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Moch. Fuad, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Program LBQ (Liburan Bersama Qur 'an), Motivasi, Menghafal Al­Qur'an.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Psikologi > Motivasi
al Qur'an > Tahfidz al Qur'an
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Apr 2022 09:37
Last Modified: 20 Apr 2022 09:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50608

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum