PENGARUH MEDIA TIKTOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN QAWA’ID DI MADRASAH SALAFIYAH I PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA

Nikmatus Sangadah, NIM.: 18104020037 (2022) PENGARUH MEDIA TIKTOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN QAWA’ID DI MADRASAH SALAFIYAH I PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MEDIA TIKTOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN QAWĀ’ID DI MADRASAH SALAFIYAH I PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA)
18104020037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MEDIA TIKTOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN QAWĀ’ID DI MADRASAH SALAFIYAH I PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA)
18104020037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar serta kurangnya pencapaian peserta didik dari nilai standar minimum placementtest madrasah diniyah walaupun telah mempelajari materi qawā’id di pesantren sebelumnya. Oleh sebab itu, peneliti menggunakan media TikTok dalam proses pembelajaran qawā’id dengan tujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana proses penerapan media TikTok dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman qawa’id. 2) Mengetahui berapa besar pengaruh penerapan media TikTok terhadap motivasi belajar dan pemahaman qawā’id peserta didik. 3) Mengetahui pengaruh secara signifikan pada peningkatan motivasi belajar dan pemahaman qawa’id menggunakan media TikTok antara kelas eksperimen dan kelas kontrol di madrasah Salafiyah I. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini yaitu santri baru madrasah Salafiyah I tahun ajaran 2020/2021 yang terbagi menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara, instrumen penelitian berupa kuisioner dan soal, dan dokumentasi. Proses analisis data menggunakan uji paired sample t-test, independent sample t-test dengan uji prasyarat uji normalitas serta uji homogenitas dilanjutkan analisis data uji manova (Multivariate Analysis of Variance) dengan bantuan SPSS 25. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa: 1) Penerapan media TikTok oleh peserta didik dengan cara mengakses link yang telah diberikan kemudian memahami dan menelaah materi sesuai dengan konten secara sederhana. 2) Tidak ada perbedaan secara signifikan pada motivasi belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen berdasarkan hasil independent sample t-test sebesar 0,312 > 0,05, berarti Ho diterima. Sedangkan pemahaman qawā’id memiliki nilai signifikasi 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima dan memiliki perbedaan yang signifikan. 3) Media TikTok tidak berpengaruh pada motivasi belajar dibuktikan pada analisis uji manova Tests Of Between-Subjects effects pada kolom media dengan nilai signifikasi 0,312 > 0,05 dan berpengaruh pada pemahaman qawā’id dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, aplikasi TikTok perlu dikembangkan untuk mampu bersaing dan memberikan dampak dalam bidang pembelajaran. Pembelajaran bahasa Arab dalam aplikasi TikTok belum mencakup materi yang sistematis oleh creator, cenderung apa adanya, dan tampilan tidak menarik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Muhammad Jafar Shodiq, S.Pd.I., M.S.I.,
Uncontrolled Keywords: Media TikTok, Motivasi Belajar, Pemahaman Qawā’id.
Subjects: Psikologi > Motivasi
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 21 Apr 2022 13:30
Last Modified: 13 May 2022 14:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50686

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum