PENGARUH PENERAPAN FUN TEACHING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK ONLINE KELAS 5 SD NEGERI GIWANGAN

Muhammad Bangun Purnomo, NIM.: 16480043 (2022) PENGARUH PENERAPAN FUN TEACHING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK ONLINE KELAS 5 SD NEGERI GIWANGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENERAPAN FUN TEACHING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK ONLINE KELAS 5 SD NEGERI GIWANGAN)
16480043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENERAPAN FUN TEACHING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK ONLINE KELAS 5 SD NEGERI GIWANGAN)
16480043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2021. Beralihnya pembelajaran tatap muka ke pembelajaran daring menimbulkan permasalahan baik dari guru maupun siswa. Guru sulit menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi pada pembelajaran tematik online. Selama ini, pembelajaran tematik online membuat siswa sulit memahami materi pembelajaran, siswa juga mudah bosan dan kurang termotivasi dalam belajarnya. Pada saat ini, guru sudah menerapkan metode pembelajaran fun teaching. Dengan demikian, Penelitian ini akan mengkaji mengenai pengaruh fun teaching dalam meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran tematik online. Penelitian ini merupakan Penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Giwangan dengan mengambil sampel siswa kelas 5A. Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian eksperimental one group posttest only. Teknik pengumpulan data dalam Penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi belajar untuk mengetahui pengaruh fun teaching terhadap pembelajaran tematik online. Berdasarkan hasil wawancara, motivasi belajar siswa masih kurang bersemangat dalam pembelajaran tematik online namun sesudah menggunakan metode fun teaching motivasi siswa untuk belajar meningkat. Pembelajaran dengan metode fun teaching merupakan konsep pembelajaran yang menyajikan materi dengan menggunakan video pembelajaran, gambar, kuis, metode bercerita, dan metode bernyanyi. Adapun berdasarkan hasil angket metode fun teaching memiliki pengaruh terhadap pembelajaran tematik online dengan hasil perolehan angket sebesar 3,6 dari kategori rentang nilai >3,4 s/d 4,2 yang dikategorikan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Hj. Maemonah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Fun Teaching, Motivasi Belajar, Pembelajaran Tematik Online
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Psikologi > Motivasi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Apr 2022 09:54
Last Modified: 28 Apr 2022 09:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50878

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum