OPTIMALISASI PERKEMBANGAN BAHASA MELALUI METODE BERNYANYI PADA ANAK KELOMPOK A DI BA ‘AISYIYAH GENENG PRAMBANAN KLATEN

Lulu’ Fitri Nurasih, NIM.: 17104030039 (2021) OPTIMALISASI PERKEMBANGAN BAHASA MELALUI METODE BERNYANYI PADA ANAK KELOMPOK A DI BA ‘AISYIYAH GENENG PRAMBANAN KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (OPTIMALISASI PERKEMBANGAN BAHASA MELALUI METODE BERNYANYI PADA ANAK KELOMPOK A DI BA ‘AISYIYAH GENENG PRAMBANAN KLATEN)
17104030039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (OPTIMALISASI PERKEMBANGAN BAHASA MELALUI METODE BERNYANYI PADA ANAK KELOMPOK A DI BA ‘AISYIYAH GENENG PRAMBANAN KLATEN)
17104030039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi, anak didik kelompok A belum mendapatkan stimulasi secara maksimal dikarenakan pandemi covid-19 yang melanda membuat sistem pembelajaran menjadi berubah, sehingga metode bernyanyi yang digunakan untuk mestimulasi perkembangan bahasa kurang maksimal dalam pelaksanaanya. Ketidakmaksimalan dalam pelaksanaan metode bernyanyi untuk menstimulasi perkembangan bahasa anak akan berpengaruh pada perkembangan bahasa anak yang tidak berkembang sesuai dengan tahapannya. Hal ini membuktikan bahwa anak kelompok A belum terstimulasi secara optimal. Sehingga pendidik harus memaksimalkan pelaksanaan dalam penggunaan metode bernyanyi, karena metode bernyanyi dinilai cukup efektif dan mudah untuk menstimulasi perkembangan bahasa anak supaya optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui optimalisasi perkembangan bahasa melalui metode bernyanyi pada anak kelompok A di BA „Aisyiyah Geneng Prambanan Klaten, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam optimalisasi perkembangan bahasa melalui metode bernyanyi pada anak didik kelompok A di BA „Aisyiyah Geneng Prambanan Klaten. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: 1) observasi, 2) wawancara, 3) Dokumen. Analisis data dilakukan model Miles dan Hiberman yaitu reduksi, data display dan kesimpulan. Sedangkan untuk uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Dari hasil penelitian menunjukkan cara-cara yang dilakukan pendidik untuk mengoptimalisasi perkembanagan bahasa anak melalui metode bernyanyi pada kelompok A di BA „Aisyiyah Geneng, sebagai berikut : 1) pemilihan lagu 2) mendemonstrasikan cara bernyanyi, 3) mengamati anak saat sedang dalam kegiatas bernyanyi, 4) meminta anak untuk bernyanyi secara berkelompok atau individu, 5) mengajukan pertanyaan sederhana yang berkaitan dengan lagu. Penggunaan metode bernyanyi dapat mengoptimalkan perkembangan bahasa anak, hal tersebut dapat di buktikan dengan hasil pencapaian perkembanagn bahasa mayoritas anak kelompok A sudah mencapai standar tingkat perkembangan yang ditetapkan. Faktor pendukung yang mempengaruhi optimalisasi perkembangan bahasa melalui metode bernyanyi anak kelompok A di BA „Aisyiyah Geneng yaitu tenaga pendidik, lagu yang menarik, dan antusiasme peserta didik. Faktor penghambat yaitu pandemi Covid-19, tidak disiplin, dan kondisi anak kurang baik yang dipengaruhi oleh faktor eksternal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Zubaedah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: metode bernyanyi; pendidikan anak; kelompok bermain
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 28 Apr 2022 10:01
Last Modified: 28 Apr 2022 10:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50882

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum